Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara, menabur sebanyak 5.000 bibit ikan gurami dan ikan nila ke Sungai Deli di Kelurahan Titi Papan, Kecamatan Medan Deli.
 
"Penaburan bibit ikan ini sebagai salah satu rangkaian mitigasi dan tanggap bencana," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Medan Muhammad Husni di Medan, Ahad.
 
Menurutnya, pelaksanaan penaburan bibit ikan tersebut berkenaan dengan peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2023 yang diperingati pada 10 Agustus setiap tahun.
 
Peringatan HKAN 2023 tingkat Kota Medan, pihaknya berkolaborasi Yayasan Budaya Hijau Indonesia, penggiat lingkungan hidup, dan lembaga pemberdayaan masyarakat (LPM).
 
Kegiatan yang diselenggarakan di bantaran Sungai Deli kawasan Taman Hatinya PKK (Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga) di Kelurahan Titi Papan.
 
"HKAN ini diperingati untuk mengingatkan kepada masyarakat akan pentingnya edukasi terkait ekosistem alam," ungkap dia.
 
Husni juga menyebut Pemkot Medan bersama pemangku kepentingan melakukan penanaman pohon di bantaran Sungai Deli, dan mencuci sungai dengan satu ton eksoenzim.
 
"Kita ingin memasyarakatkan konservasi alam sebagai sikap hidup dan sesuai budaya bangsa Indonesia," katanya.
 
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya pernah menyatakan peringatan HKAN bertujuan untuk memasyarakatkan konservasi alam secara nasional sebagai sikap hidup dan budaya bangsa.
 
Kemudian menjaga kesinambungan kegiatan konservasi alam sebagai upaya perlindungan sumber daya alam dan ekosistemnya sebagai sistem penyangga kehidupan.
  

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023