Wali Kota Medan Bobby Nasution memiliki alasan tersendiri mengenakan pakaian adat Nias di HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tahun di Lapangan Benteng Medan, Kamis (17/8).
 
"Kota Medan merupakan kota multikultural, termasuk suku adat Nias. Oleh karenanya di hari ini kita kenakan baju adat Nias," ucap Bobby usai menjadi inspektur upacara peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tahun. 
 
Selain itu, lanjut dia, banyak masyarakat Nias yang juga berkontribusi dalam pembangunan di wilayah Ibukota Provinsi Sumatera Utara. 
 
Artinya banyak warga Nias yang datang ke Kota Medan untuk menimba ilmu, semoga ilmunya dapat bermanfaat bagi daerahnya dan Sumatera Utara, termasuk Kota Medan. 
 
Terlihat juga Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman mengenakan pakaian adat Aceh, sedangkan Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu mengenakan pakaian adat Melayu.
 
Selain itu seluruh pejabat eselon dua dan tiga di lingkungan Pemkot Medan mengikuti upacara pengibaran bendera Merah Putih juga mengenakan pakaian adat dari seluruh etnis di Kota Medan.
 
Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk simbolis bahwa Kota Medan merupakan kota multi etnis, sehingga dijuluki sebagai miniatur Indonesia.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023