Banjir kembali melanda wilayah Desa Hutaimbaru, Kecamatan Muara Batang Gadis, Kabupaten Mandailing Natal, Senin (14/8)

Akibatnya, sejumlah warga di desa yang berada di kawasan Sulangaling tersebut terpaksa mengungsi ke daerah yang lebih tinggi karena pemukiman warga tergenang air setinggi lebih kurang satu meter.

Kepala BPDD Madina, Mukhsin Nasution menyampaikan, selain wilayah Sulangaling, Desa Parlampungan, Kecamatan Batang Natal juga mengalami hal yang sama.
 

Di Kecamatan Muara Batang Gadis, kata Mukhsin, naiknya debit air ini disebabkan meluapnya sungai Parlampungan. Selain membuat sejumlah pemukiman warga di Desa Hutaimbaru tergenang, juga mengakibatkan sebagian jalan Trans Singkuang I tergenang air.

"Di Desa Parlampungan banjir diakibatkan meluapnya sungai Batang Natal dan sempat membuat debit air naik mencapai 65 centimeter dan mengakibatkan air meluap sampai ke pemukiman warga," ujarnya.

Atas kondisi cuaca ekstrim tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Madina meminta warga agar mewaspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir pada dini hari hingga saat ini di wilayah Kabupaten Madina.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023