Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menyebutkan persiapan tim calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) provinsi ini menghadapi upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI, sudah mencapai 80 persen.

"Selama pelatihan yang dilaksanakan sejak 5 Agustus, persiapannya sudah 80 persen," ujar Kepala Bidang Idelogi Wawasan Kebangsan, Badan Kesatuan Bangsa Politik Sumut Muhammad Andry, di Medan, Sabtu.

Ia mengatakan calon Paskibraka Sumut selama dalam pemusatan pendidikan dan latihan (diklat) akan mengikuti sejumlah rangkaian teori dan praktik yang telah dipersiapkan oleh Pemprov Sumut dan pemangku kebijakan terkait lainnya.

"Mereka akan dilatih, terkait mental, fisik, disiplin, baris berbaris yang diinstruksikan oleh TNI-Polri dan purna paskibraka Sumut, agar mereka nanti melaksanakan tugas yang baik pada HUT Kemerdekaan RI yang ke RI-78 ini," kata Andry.

Selain itu, pihaknya terus akan melakukan pemeriksaan kesehatan dan memberikan fasilitas guna menjaga kesehatan Pakibraka Sumut selama proses diklat berlangsung.
"Kita bekerja sama dengan Rumah Sakit Haji Sumut untuk memantau kesehatan Paskibraka 24 jam melekat selama proses diklat dilaksanakan," sebutnya.

Ia menjelaskan sebanyak 70 orang calon anggota Paskibraka Sumut yang mengikuti diklat tersebut, terdiri dari 36 laki-laki dan 34 perempuan.

"Tujuh puluh calon Paskibraka itu berasal dari siswa-siswi SMA/SMK kabupaten/kota se- Sumut, yang diseleksi lebih dari 100 orang kemarin," jelasnya

Ia berharap seluruhnya dapat menjalankan tugas yang diamanahkan dengan baik serta dapat melanjutkan perjuangan dari pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan Tanah Air.

"Harapannya para calon Paskibraka nantinya dapat melaksanakan tugas dengan sebaik baiknya pada penaikan dan penurunan Bendera pada HUT RI 78 Provinsi Sumut, mohon doa dari masyarakat Sumatera Utara," ujar Andry.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023