Universitas Muhamamdiyah Sumatera Utara (UMSU) menyatakan kesiapan melakukan pendampingan dan memberi masukan pada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serdang Bedagai (Sergai) dalam menggali potensi dan mengembangkan pariwisata lokal agar berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

"Kami siap bekerja sama dengan Pemkab Sergai untuk menggali dan mengembangkan potensi pariwisata. Karena memang banyak potensi yang bisa lebih dikembangkan di Sergai sehingga nantinya berdampak pada kesejahteraan masyarakat," kata Wakil Dekan 3 FISIP UMSU Yurisna Tanjung di Medan, Sabtu.

Terkait pengembangan pariwisata, lanjut dia, sebelumnya dosen-dosen FISIP UMSU telah melakukan pendampingan ke beberapa desa di sejumlah kabupaten untuk pengembangan pariwisata di desanya masing-masing.

"Pendampingan yang sudah dilakukan itu diantaranya di Desa Siosar di Kabupaten Karo, Desa Hamparan Perak di Deli Serdang, termasuk juga Desa Pematang Johar yang menjadi Desa Wisata di Kabupaten Deli Serdang," katanya.

Sebelumnya Sekda Serdang Bedagai, Faisal Hasrimy, menyampaikan wilayahnya sedang menggali potensi pariwisata lokal agar bisa menjadi destinasi wisata bagi turis dalam negeri dan mancanegara.
"Selama ini Serdang Bedagai hanya dikenal dengan wisata Pantai Cermin. Padahal itu hanya sebagian kecil dari potensi wisata yang bisa diolah untuk mengangkat nama dan pendapatan asli daerah. Makanya potensi lainnya perlu kita gali dan dikembangkan," katanya.

Faisal menambahkan dari hasil kunjungan beberapa waktu lalu ke Pulau Jawa, ada sebuah desa yang berhasil meningkatkan kesejahteraan warganya dan menghasilkan pendapatan desa miliaran rupiah melalui UKM sektor pariwisata.

Karena itu, lanjutnya, semangat mengembangkan industri pariwisata lokal ini harus ditularkan kepada masyarakat Serdang Bedagai.

"Untuk itu kami meminta dukungan kalangan akademisi dari UMSU, untuk memberikan pencerahan dan pendampingan. Agar ke depannya semua unsur ASN dan masyarakat Serdang Bedagai aktif bergerak di industri pariwisata," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023