Kemarau yang berkepanjangan akibat cuaca ekstrem menjadi ancaman bagi petani pemilik sawah di Desa Perbangunan, Kecamatan Sei Kepayang, Kabupaten Asahan

Akibat kekeringan, petani tidak bisa menabur benih, proses tanam pindah tidak dapat dilakukan bahkan jika sudah tanam bisa terancam gagal panen, karena kekurangan pasokan air.

Menyadari ancaman itu, PT. Inti Palm Sumatra (IPS) membantu menyediakan mesin pompa air untuk menyedot air, guna disalurkan ke saluran-saluran sawah milik petani agar dapat menggenangi sawah mereka. 

“Kita sangat prihatin dengan kondisi kemarau saat ini, petani kekurangan air, sedangkan air pasang tidak mampu menggenangi sawah-sawah mereka,” ungkap Fahyudi Manurung selaku Kepala Personalia dan Umum PT. IPS, Selasa (08/08) 

Fahyudi menjelaskan pihaknya saat ini baru satu mesin pompa yang beroperasi dan pihak perusahaan siap menambahkan beberapa mesin pompa lainnya. 

“Mungkin dua atau tiga minggu ke depan, tinggal menunggu lokasi penyedotan air yang ditunjuk masyarakat,” ungkap Fahyudi, sembari mengatakan bahwa perusahaan berperan aktif membantu masyarakat di sekitar lokasi kebun terutama dalam bidang pendidikan, sosial dan keagamaan. 

Sementara itu, Kepala Desa Perbangunan Arinton Sihotang mengucapkan terimakasih kepada PT. IPS yang telah meminjamkan mesin pompa air dan tentunya itu akan meringankan beban masyarakat petani di desanya. 

“Kami mengucapkan terimakasih kepada PT. IPS yang telah bersedia meminjamkan mesin poma air, mudah-mudahan bisa beroperasi dengan baik yang akhirnya air sampai ke areal-areal persawahan sehingga aktifitas pertanian dapat berjalan dengan normal,” ungkapnya. 

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023