Perkembangan Indeks Harga Konsumen (IHK) umum Kota Pematang Siantar pada periode Juli 2023 mengalami inflasi sebesar 0,10 persen (mtm/bulanan), dan tahunan (yoy) 3,17 persen. 

Dalam rilis Unit Data Statistik dan Kehumasan Kantor Perwakilan BI Pematang Siantar, Rabu (2/8), menyebut, realisasi inflasi bulanan itu lebih rendah dibandingkan Provinsi Sumatera Utara 0,30 persen dan Nasional 0,21 persen. 

Dipaparkan, inflasi pada Juli 2023 utama didorong kenaikan harga komoditas, di antaranya cabai merah, beras, dan upah asisten rumah tangga.

Sementara, tekanan inflasi lebih lanjut ditahan oleh deflasi pada beberapa komoditas, di antaranya daging ayam ras, ikan tongkol, dan jeruk. 

Dalam upaya untuk mengendalikan inflasi di Bulan Juli 2023, Tim Pengendalian Inflasi Daerah Kabupaten Kota di wilayah kerja Kantor Perwakilan BI Pematang Siantar melaksanakan program pantauan harga komoditas secara harian. 

Selain itu, mengadakan rapat teknis perencanaan pasar murah di Bulan Agustus 2023 dan rencana Kerjasama Antar Daerah antara Kabupaten Karo dan Humbang Hasundutan.

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023