Pemerintah Desa Batu Gajah, Kecamatan Ulu Sosa, Kabupaten Padang Lawas ( Palas) Sumut, terus berbenah dalam hal peningkatan program pembangunan di desa setempat.

Kali ini, warga diinisiatori pemerintah desa setempat kompak melakukan pemagaran pekarangan rumah masing - masing memakai bahan kontruksi rakitan batang bambu dicat warna merah putih, menambah indahnya suasana desa yang ada di perbatasan Kecamatan Ulu Sosa dan Kecamatan Barumun Selatan, Kabupaten Padang Lawas itu.

Setelah beberapa waktu lalu diketahui, Pemerintah Desa Batu Gajah melakukan perbaikan, atau pembangunan peningkatan akses jalan di setiap lorong di desa itu. Juga perbaikan sarana air bersih untuk kebutuhan warga di desa setempat.

,"Penataan program pembangunan di desa ini, atas dukungan dan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah desa. Yang mana juga setiap pelaksaan pekerjaan pembangunan, kami selalu melibatkan masyarakat,"ujar Kepala Desa Batu Gajah Tondi Ashari Lubis saat berbincang dengan ANTARA, Kamis (20/7) siang.

Sebelumnya, Sahrul Dalimunte menyebutkan merasa terharu, melihat indahnya penataan pembangunan di Desa Batu Gajah, Kecamatan Ulu Sosa, Kabupaten Padang Lawas. Program pembangunan itu, dikatakannya, termasuk pembuatan atau pemasangan pagar bambu dicat warna merah putih di setiap depan rumah warga yang berbatasan langsung dengan akses jalan di setiap lorong desa tersebut. 

"Indah, dan damainya desa itu ( Desa Batu Gajah). Warga bersama pemerintah desa terlihat bergandengan tangan serasa saat masih jaman dulu. Mereka kompak bergotong royong, saling bahu membahu, untuk mencetuskan program pembangunan memper indah desa itu,"kata Sahrul, usia 55 tahun, warga Sibuhuan, menceritakan saat ia berkunjung di Desa Batu Gajah, Rabu ( 19/7) kemarin.

Kemudian saat kunjungannya itu, lanjut Sahrul kembali menceritakan kentalnya suasana kekerabatan di desa itu. Bahkan ia ditawari minuman mineral gratis oleh warga di salah satu warung tempat nongkrong para anak muda di desa setempat. 

"Kerifan lokal masyarakat Desa Batu Gajah masih terjaga. Warga dan pemerintah desanya ramah tamah. Desa Batu Gajah itu layak jadi percontohan, baik dari sektor pembangunan, juga adat budaya kearifan lokal,"tutur Sahrul, sembari menambahkan cerita warga setempat, pemerintah Desa Batu Gajah selalu aktif memberikan pelayanan terbaik kepada warga di desa itu. Baik layanan administrasi kependudukan, dan layanan kesehatan bekerjasama dengan jajaran Dinas Kesehatan Palas, melalui petugas Posyandu desa setempat. 
 

Pewarta: Mhd. Ashari Hasibuan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023