Dewan Syarikat Melayu Langkat (DSML) melaksanakan kegiatan Silaturahim antar Syarikat Melayu dan Tokoh-tokoh Melayu dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H dengan tema Menjemput Harapan di Rumah Melayu.

Kegiatan yang dilaksanakan di Rumah Adat Melayu jalan Proklamasi Stabat, Selasa (18/7/2023), itu juga membahas hal-hal perkembangan yang terjadi di Kabupaten Langkat dan perkembangan tentang Perda Pemajuan Kebudayaan Daerah Kabupaten Langkat yang sebelumnya diusung DSML.

Pertemuan yang berlangsung sejak siang hingga sore tersebut menghasilkan Risalah Melayu yang berisikan Maklumat-maklumat yang akan disampaikan kepada para Tokoh Melayu, Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Utara dan Pemerintah Daerah Kabupaten Langkat.

Kegiatan tersebut dihadiri tokoh-tokoh Melayu seperti Prof. Johar Arifin (Anggota DPR RI), Dr. Indra Salahuddin (Ketua PD MABMI), Drs. Sukhyar Mulyamin. MS.i (Ketua Dewan Syarikat Melayu), T. Ariefanda Aziz (Kesultanan Langkat), Fatimah, S.Si, MPd (Anggota DPRD Langkat), Asmaliah (Anggota DPRD Langkat) dan para Ketua Syarikat Melayu dan tokoh Melayu lainnya.

Semua yang hadir bersepakat diantaranya adalah mengawal Perda Pemajuan Kebudayaan di Kabupaten Langkat agar segera terealisasi, mengembalikan Simbol Langkat sebagai ciri khas Melayu dengan memperhatikan Ornamen-Ornamen Melayu pada setiap bangunan Publik, Berbusana Melayu tidak hanya di Hari Jadi Kabupaten Langkat namun satu hari dalam seminggu di hari kerja dan meningkatkan kesenian kebudayaan Melayu di Kabupaten Langkat, Peningkatan Produk khas daerah dan Sejarah Melayu Langkat serta aksara arab Melayu menjadi bahan ajar di sektor pendidikan.
Ketua Dewan Syarikat Melayu Langkat (DSML) mengatakan, "Acara ini adalah kerinduan Puak-Puak Melayu di Kabupaten Langkat. Acara Silaturahim ini tentu meningkatkan ukhuwah Islamiah kita sesama saudara Melayu di Kabupaten Langkat dan tentu ada harapan-harapan yang disampaikan di Rumah Melayu ini untuk perbaikan serta masa depan generasi bangsa yang ada di Kabupaten Langkat".

Acara tersebut turut juga dihadiri Plt. Bupati Langkat H. Syah Afandin dan juga Letnan Jenderal TNI Dr. H. Agus Surya Bakti, M.IKom (Purnawirawan).

Dalam penutupan acara Silaturahim Letnan Jenderal TNI Dr. H. Agus Surya Bakti, M.IKom menceritakan masa-masa kecilnya di Langkat dan mengingat kenangan-kenangan bersama orang tuanya yang terdahulu dan mengenang hal-hal yang berkaitan dengan kebudayaan Melayu.

Dalam kesempatan tersebut ia menyampaikan  "Bahwa Melayu adalah sebuah kebanggaan bagi saya sebagai putra Melayu Langkat. Saya dua kali ikut rapat tim kecil yang merancang peningkatan budaya Melayu di langkat ini. Alhamdulillah sudah diproses di pemerintah kabupaten langkat dan semoga semua bisa terealisasi. Karena kita harus tau sejarahnya, mudah-mudahan ini sudah terdokumentasikan dengan baik, karena saya tadi mendengarkan banyak sekali keinginan-keinginan kita untuk mengembangkan kebudayaan melayu ini yang dirasakan semakin lama semakin hilang. Tapi yang paling penting adalah apa upaya kita ini mencapai hasil secara bertahap."

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023