Majelis Ulama Indonesia ( MUI) Kecamatan Lubuk Barumun, Kabupaten Padang Lawas ( Palas), bekerjasama dengan pemerintah desa ( Pemdes) se - kecamatan setempat (Lubuk Barumun) menggelar acara kegiatan pelatihan bilal mayit bagi masyarakat, di Pondok Pesantren ( Ponpes) Robiul Islam, Desa Pasar Latong, Minggu (16/7)


Ketua panitia Irsyad Saleh Pohan mengatakan kegiatan pelatihan bilal mayit ini, adalah rangkaian dari acara peringatan penyambutan 1 Muharram 1445 H, tahun 2023.


Jumlah peserta kegiatan itu, sebanyak 96 orang, mewakili masyarakat 24 desa di kecamatan itu.


Kegiatan pelatihan bilal mayit tersebut, dihadiri sejumlah pemateri atau pembimbing, termasuk ustadz Masmin Lubis besertabalim ulama kecamatan setempat lainnya, dan H Sangkot Hasibuan, Ketua MUI Kecamatan Lubuk Barumun.


"Kiranya kegiatan ini diridhoi Allah SWT, dan membawa berkah, juga bermanfaat bagi kita semua ke depan, amin,"tutur Irsyad berharap di sela - sela acara ini.


Pada kesempatan ini, sebelumnya Irsyad mengucapkan selamat datang dan terimakasih kepada seluruh peserta, pemateri, dan tamu undangan atas kehadiran mereka diacara tersebut. 


Pasca kegiatan pelatihan ini, ia berpesan, kepada seluruh peserta agar mengaplikasikan ilmu yang mereka dapatkan pada kegiatan pelatihan itu di desa masing - masing.


Sementara, Ketua MUI Lubuk Barumun H. Sangkot Hasibuan menyampaikan bahwa situasi duka atau orang meninggal adalah suatu hal yang biasa terjadi di tengah - tengah masyarakat. 

Untuk itu, lanjutnya, perlu dipersiapkan bilal mayit yang mengetahui aturan sesuai ajaran syariat islam. Agar nantinya, apabila ada masyarakat muslim meninggal dunia dapat diperlakukan dengan baik, termasuk dalam hal penyelenggaraan jenazah, dan pelaksanaan fardhu kifayah lainnya, di kecamatan setempat. 

,"Jika Bilal mayit di suatu kampung yang saat ini masih ada berhalangan, maka melalui kegiatan pelatihan ini diharapkan kedepan sudah ada regenerasi, atau pengganti,"sambung H. Sangkot, sembari berpesan kepada seluruh peserta acara ini, supaya mengikuti kegiatan pelatihan itu dengan baik. Hingga nantinya dapat menerapkan ilmu yang mereka dapatkan pada acara itu, di desa masing - masing.


Turut hadir pada acara pembukaan pelatihan bilal mayit ini, Camat Lubuk Barumun Sulaiman Harahap, Ketua BSPPL ( Badan Silaturrahim Pesantren Padang Lawas) H. Pauzan Hamidy Hasibuan, dan para kepala desa se kecamatan setempat. (*)
 

Pewarta: Mhd. Ashari Hasibuan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023