Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengapresiasi pemerintah kabupaten/pemerintah kota yang telah menyukseskan Gerakan Pembagian 10 juta Bendera Merah Putih.

"Kami apresiasi seluruh pemerintah daerah, Forkopimda dan tokoh masyarakat dalam Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih 2023," ujar Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bachtiar Baharuddin dalam rapat koordinasi virtual evaluasi Gerakan Pembagian 10 juta Bendera Merah Putih 2023 di Medan, Jumat.

Pihaknya menyebut bahwa pembagian Bendera Merah Putih ini merupakan kegiatan nasional, dan sebagai salah satu rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia ke-78.

Rangkaian kegiatan itu berlangsung mulai 1 Juni sampai 31 Agustus 2023 yang meneguhkan rasa kebangsaan serta menguatkan persatuan dan persatuan.

Apalagi saat ini, lanjutnya, bangsa Indonesia telah memasuki tahun politik yang berpotensi memicu risiko keterbelahan sampai tingkat terkecil akibat perbedaan pilihan.

Pemerintah Kota Medan telah melaksanakan pembagian Bendera Merah Putih pada Jumat, 7 Juli 2023 yang dipimpin oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama unsur Forkopimda dan sejumlah pimpinan perangkat daerah.
 

"Gerakan ini diharapkan bisa menyadarkan dan mengingatkan anak bangsa. Walaupun berbeda pilihan, kita tetap hidup dalam satu bangsa yang mempunyai satu bendera, yakni Merah Putih," kata Bachtiar.

Wali Kota Medan Bobby Nasution langsung turun ke jalan membagikan secara simbolis sebanyak 500 Bendera Merah Putih kepada pengendara yang melintas di depan Balai Kota Medan.

"Dengan pembagian bendera ini, kita berharap dapat mengembalikan semangat kemerdekaan masyarakat," ucap Bobby di Medan, Sumut, Jumat (7/7).
 
Ia mengatakan, pembagian Bendera Merah Putih ini dalam rangka menyambut hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tahun pada 17 Agustus 2023.

Wali kota mengharapkan jiwa nasionalisme masyarakat Kota Medan, khususnya pengendara harus ditumbuhkan untuk mengisi kemerdekaan ini.

"Sebentar lagi kita akan merayakan hari kemerdekaan 17 Agustus, karenanya jiwa nasionalisme kita tidak boleh luntur sedikitpun," kata Bobby.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023