Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Tarutung Kanwil Kemenkumham Sumut melaksanakan Shalat Hari Raya Idul Adha 1444 H bersama warga binaan pemasyarakatan di Masjid Al-Hijrah Rutan Tarutung, Kamis (29/06).

Menurut Humas Rutan Tarutung, M Nurdin Tanjung, kegiatan Shalat Idul Adha merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Rutan Tarutung dalam memfasilitasi warga binaan pemasyarakatan yang beragama Islam dalam menjalankan kegiatan ibadah sunah yang telah diperintahkan dalam Al Quran.

"Kegiatan ini juga diharapkan mampu merefleksikan nilai-nilai luhur dalam pelaksanaan ibadah Idul Adha ini dalam kegiatan sehari-hari," sebutnya.

Shalat Ied dimulai tepat pada pukul 07.30 WIB, dimana sebanyak dua raka’at dilanjutkan dengan penyampaian khotbah Ied. 

Dalam khotbahnya, Ustad Arief L Sitorus menyampaikan untuk meneladani keimanan Nabi Ibrahim AS yang rela mengorbankan putra tercintanya Nabi Ismail AS demi menaati perintah Allah SWT.

"Begitu pula umat Muslim diharapkan memiliki keikhlasan untuk mengorbankan waktu dan harta untuk kepentingan sesama," terangnya.

Dikatakan, meski terbatas dari dunia luar dan masih harus menjalani masa hukuman, sejak pagi hari warga binaan telah bergegas dan berpakaian rapi untuk melaksanakan ibadah Shalat Idul Adha secara berjamaah di masjid.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023