Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Padang Lawas ( Palas) menyerahkan berkas dokumen hasil verifikasi administrasi bakal calon legislatif ( Bacaleg) anggota DPRD Palas, kepada 15 partai politik di Kabupaten Padang Lawas.

Prosesi penyerahan dokumen berkas hasil verifikasi bacaleg untuk pemilu tahun 2024 ini, berlangsung di Aula Grandika Hotel, Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Sabtu (24/6) siang.

Ke - 15 pimpinan atau pengurus parpol penerima berkas hasil verifikasi dokumen administrasi bacaleg itu, antara lain, dari Partai PKB, Partai Gerindra, Partai Golkar, PPP, PBB, PKS, Partai Hanura, Partai Demokrat, PKN, PDI Perjuangan, Partai Nasdem, Partai Ummat, Partai Perindo, Partai Gelora dan Partai Buruh.


Ketua KPU Palas Indra Syahbana Nasution menyampaikan ucapan selamat datang dan terimakasih kepada seluruh tamu undangan, termasuk para pimpinan atau pengurus partai politik atas kehadiran mereka di acara ini. 

Disebutkan Indra, untuk masa tahapan pengajuan perbaikan dokumen administrasi bacaleg parpol, kepada pihaknya ( KPU Palas), tanggal 26 Juni, hingga tanggal 9 Juli 2023 mendatang.
Saat yang sama, Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara KPU Palas Rahmad Habinsaran Daulay menuturkan, dari 393 dokumen berkas adiministrasi bacaleg yang diusulkan 17 parpol terhadap pihaknya beberapa waktu lalu, baru sekitar 41 orang yang sudah termasuk memenuhi syarat. 

Untuk itu pada kesempatan ini, ia berpesan, kepada seluruh pimpinan dan pengurus parpol di Palas supaya betul - betul memanfaatkan masa perbaikan berkas ajuan dokumen administrasi bacaleg masing - masing dengan baik dan teliti. Hingga nanti pada masa tahapan selanjutnya dokumen administrasi bacaleg masing - masing parpol di Palas bisa dinyatakan memenuhi syarat sesuai dengan ketentuan aturan yang berlaku.


"Apabila ada yang masih belum dipahami tentang kelengkapan administrasi bacaleg, kepada seluruh parpol kami membuka ruang koordinasi dan konsultasi untuk mensukseskan bersama pelaksanaan pemilu tahun 2024 mendatang,"kata Rahmad.

Acara penyerahan hasil verifikasi dokumen berkas administrasi bacaleg ini, dirangkai dengan kegiatan rapat koordinasi persiapan penyampaian syarat perbaikan dokumen administrasi bacaleg anggota DPRD Palas untuk pemilu tahun 2024 mendatang. Kegiatan tersebut turut dihadiri Humas Bawaslu Palas Alex Sabar Nasution, dan sejumlah tamun undangan lainnya.

Pewarta: Mhd. Ashari Hasibuan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023