Kapolres Padang Sidempuan, AKBP Dwi Prasetyo Wibowo memimpin apel Sistim Keamanan Lingkungan (Siskamling) Pemeliharaan Keamanan, Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas) menjelang Pemilu tahun 2024 yang digelar di Alaman Bolak Kota Padang Sidempuan, Rabu (21/6).

Apel Siskamling, Harkamtibmas yang dihadiri Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution, SH, MH, Forkopimda, PJU Polres Padangsidimpuan, diikuti peserta apel dari TNI, Polri, ASN dan untuk perangkat Desa/Kelurahan menyampaikan pesan agar pelaksanaan pemilu 2024 berjalan damai dan aman.

Kapolres Padang Sidempuan AKBP Dwi Prasetyo Wibowo dalam sambutan menyampaikan, tujuan utama apel ini adalah untuk mengkoordinasikan langkah-langkah strategis guna menjaga situasi yang kondusif, meminimalisir potensi kerusuhan, dan melindungi hak warga dalam menggunakan hak pilih mereka.

"Saya menekankan pentingnya kerja sama antara pihak kepolisian, pemerintah daerah dan masyarakat guna menciptakan suasana aman dan damai menjelang Pemilu," tekan AKBP Dwi PW.

Lanjutnya, keberhasilan Pemilu yang demokratis dan adil sangat bergantung pada partisipasi aktif semua pihak terkait, serta penegakan hukum yang tegas terhadap setiap pelanggaran, terang Kapolres.
 
Sementara itu Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Kapolres Padang Sidempuan dan pihak kepolisian dalam menjaga stabilitas keamanan menjelang Pemilu serentak 2024.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi kondusif, tidak terprovokasi oleh isu-isu yang dapat mengganggu ketertiban, dan menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi.

Menurutnya, apel Siskamling ini juga menjadi ajang untuk mengingatkan peran penting warga dalam menjaga keamanan lingkungan sekitar. Kehadiran masyarakat dalam Siskamling diharapkan dapat mengurangi potensi kejahatan, memberikan rasa aman kepada masyarakat dan mendukung suksesnya penyelenggaraan Pemilu serentak tahun 2024.

"Dengan adanya sinergi antara pihak kepolisian, pemerintah daerah, dan masyarakat, diharapkan Padang Sidempuan dapat menyelenggarakan Pemilu yang aman, adil dan damai, sehingga hak-hak demokratis setiap warga negara dapat terlindungi dengan baik," ajak Irsan.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023