Pengprov Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Sumatera Utara mengandalkan atlet lokal untuk meraih hasil maksimal pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut. 

"Untuk PON 2024 nanti kita mengandalkan atlet lokal. Meski latihan di Pulau Jawa, tapi mereka kelahiran Sumatera Utara," kata Sekretaris Umum Pengprov PBSI Sumut Kusprianto ST didampingi Kepala Bidang Prestasi Anton King di Medan, Rabu.

Ia mengatakan, saat ini PBSI Sumut mempersiapkan 16 atlet menuju PON 2024 dengan rinciannya delapan putra dan delapan putri. 

"Saat ini yang menjalani Pelatda KONI Sumut adalah delapan atlet putra. Setelah tes fisik kemarin, kita berharap delapan atlet putri bisa bergabung," harapnya.

Sedangkan bulu tangkis pada PON 2024 mendatang akan memperebutkan 7 medali emas. Tujuh nomor yang dipertandingkan yakni beregu putra, beregu putri, tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putra, dan ganda campuran.
Kusprianto mengungkapkan Sumut membidik satu medali emas pada PON 2024 nanti. Medali emas dibidik dari nomor tunggal putri. 

"Harapan kita bisa meraih medali emas dari tunggal putri, meskipun nomor lain juga memiliki peluang," ungkapnya.

Tunggal putri diharapkan dari Nurul Tetra Junia Matondang. Pebulu tangkis asal Labura tersebut saat ini bergabung dengan PB Djarum dan berada di peringkat empat nasional. 

"Kita berharap Nurul bisa membuat sejarah di PON nanti. Prestasi terbaik bulutangkis Sumut pada PON adalah medali perunggu tahun 2008 lalu," sebutnya.

Untuk mewujudkan target tersebut, PBSI Sumut melakukan latihan intensif. Atlet yang bergabung dengan Pelatda KONI Sumut melakukan latihan 10 sesi dalam seminggu. 

"Kita juga berencana akan melakukan try out ke Pulau Jawa. Kemudian kita juga akan menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Seri 100. Semua atlet kita akan tampil di sana," paparnya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023