Astra menggelar Bincang Inspiratif 14th SATU Indonesia Awards 2023 di Sumut untuk jaring generasi muda berkualitas secara berkelanjutan. 

"Acara itu untuk mencari generasi muda di Sumut yang memiliki kontribusi bermanfaat bagi masyarakat di sekitarnya," ujar Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah di Deliserdang, Rabu (14/6/2023). 

Dia menegaskan, Astra menginisiasi program SATU Indonesia Awards sebagai wujud apresiasi bagi anak bangsa yang telah berkontribusi untuk mendukung terciptanya kehidupan berkelanjutan yang diharapkan dapat menjadi inspirasi untuk memotivasi generasi muda lainnya di seluruh Indonesia dalam melakukan hal yang sama atau bahkan lebih baik lagi. 

Masa penjaringan 14th SATU Indonesia Awards 2023 telah berlangsung sejak 6 Maret 2023 dan berlangsung hingga 6 Agustus 2023.

Calon peserta  dapat mendaftar melalui situs www.satu-indonesia.com atau ke mitra Astra dalam program SATU Indonesia Awards itu. 

Ada pun lima kriteria penilaian dalam 14th SATU Indonesia Awards 2023 yaitu motif, obstacle,outcome, outreach, dan juga sustainability. 

Adanya peningkatan bobot yang lebih tinggi pada aspek sustainability, yang semula hanya berdasarkan pada kesinambungan dari komitmen kegiatan para peserta akan diperluas dan diselaraskan pada pada poin-poin SDGs yang dicanangkan oleh pemerintah serta Astra 2030 Sustainability Aspirations.
 
Astra menggelar Bincang Inspiratif 14th SATU Indonesia Awards 2023 di Sumut untuk jaring generasi muda berkualitas secara berkelanjutan di Deliserdang, Rabu (14/6/2023). (ANTARA/HO)

"Semangat Astra mencari generasi muda dengan kontribusi keberlanjutan untuk hari ini dan masa depan Indonesia adalah sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa dan mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia," katanya.

Acara yang menampilkan narasumber juri 14th SATU Indonesia Awards 2023 yakni Pendiri Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan Ir Tri Mumpuni, Pegiat Seni Dian Sastrowardoyo dan penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards 2020 Bidang Kewirausahaan Elsa Maharani dihadiri juga Bupati Dairi Dr. Ir. Eddy Keleng Ate Berutu.

Bupati Dairi Dr. Ir. Eddy Keleng Ate Berutu berharap, ajang yang diinisiasi Astra itu berlangsung secara konsisten. 

Alasan dia, agar dapat membantu masyarakat secara berkelanjutan melalui talenta dari generasi muda. 

Dengan bermunculannya generasi muda unggulan, maka Sumut dan Indonesia secara keseluruhan akan semakin maju

 Dalam sesi bincang inspiratif itu, para narasumber berbagi cerita dan pengalaman dalam SATU Indonesia Awards. 

Pegiat Seni Dian Sastrowardoyo misalnya, berharap SATU Indonesia Awards bisa terus mendorong generasi muda  agar dapat berkolaborasi dengan generasi muda lainnya untuk memberikan inspirasi bagi sekitarnya.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards 2020 Bidang Kewirausahaan Elsa Maharani.
Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards 2020 Bidang Kewirausahaan Elsa Maharani menuturkan bagaimana awal ceritanya dapat berkontribusi dalam mengasah keahlian para perempuan yang berekonomi lemah di sekitar tempat tinggalnya.

Elsa Maharani yang berasal dari Kota Padang, Sumatera Barat, telah merangkul 54 tenaga kerja yang merupakan ibu rumah tangga dan para difabel di beberapa kota di provinsi itu untuk membuat karya bermanfaat bagi masyarakat sekitar yaitu pakaian busana santun.

Melalui dua label miliknya yaitu Maharani dan juga Hamka Indonesia, Elsa memasarkan produknya dengan memiliki 225 reseller dan 2.700 member yang tergabung dalam platform miliknya. 

Termasuk salah satu offline store di pusat perbelanjaan di Selangor, Malaysia. 

Selama satu bulan label miliknya mampu memproduksi sekitar 2.000 hingga 5.000 dengan pendapatan lebih dari Rp400 juta.

Elsa sendiri juga telah mendirikan Kampung Jahit di tempat asalnya dengan 70 peserta untuk membina dan mengedukasi cara membuat pakaian.

"Saya melihat banyak potensi di masyarakat yang bisa dikolaborasikan menjadi social entrepreneur. Tinggal bagaimana generasi muda mau berpikir kreatif, inovatif dan berdaya," ujar Elsa.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023