Persatuan Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Sumatera Utara mengandalkan tim 3x3 untuk meraih medali di PON 2024, namun tidak menutup kemungkinan tim 5x5 juga mampu mendulang prestasi di pesta olahraga tersebut.

Ketua Umum Perbasi Sumut Iwan Hartono Alam di Medan, Senin, mengatakan tim 3x3 sedang menjalani pelatda yang digelar sejak Januari. 

"Target medali tentu akan kami perjuangkan untuk PON 2024. Ada empat medali emas yang diperebutkan, yakni 3x3 dan 5x5 untuk putra dan putri. Mudah-mudahan dari 3x3 bisa meraih emas atau perak, atau paling tidak perunggu untuk tim putra dan putri," katanya.

Iwan berharap target tersebut tercapai sekaligus memperbaiki catatan di PON Papua. Saat itu, Sumut hanya mengirimkan tim 3x3 dan pulang tanpa medali.

Oleh karenanya, untuk PON 2024, Perbasi Sumut ingin tampil dengan tim penuh termasuk mengikutsertakan tim 5x5. Apalagi Sumut bertindak sebagai tuan rumah bersama Aceh.
 

"Kami berharap 5x5 ini pada Juli sudah mulai masuk pelatda. Kami akan berusaha maksimal agar 5x5 juga bisa dapat medali," katanya.

Untuk mewujudkan target medali, Perbasi Sumut merencanakan try out, salah satunya ke Jakarta.

"Akan coba try out ke Jakarta atau daerah lain untuk meningkatkan prestasi. Daerah dari Jawa seperti DKI, Jatim, dan Jabar saingan terberat di PON nanti," tambahnya.

Pelatda untuk basket dilakukan di GOR Basket di kawasan Sports Centre, Jalan Pancing. Tim 3x3 putra dan putri masing-masing berisi lima atlet.

Untuk 3x3 putra diisi Egi, Marjan, Daffa, Billy dan Joan, diasuh pelatih Hidayat. Sementara untuk 3x3 putri ada Asima, Natalia, Tasya, Rahel, dan Nadya serta Donal Marpaung sebagai pelatih. "Untuk tim 5x5 juga sudah melakukan persiapan scara mandiri. Tim putra dilatih Jetro Marpaung dan putri dilatih Jeni.

Berdasarkan regulasi di PON, atlet untuk tim 3x3 adalah kelahiran 2001 dan 5x5 kelahiran 2002. Batasan usia diakui menguntungkan Sumut.

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023