Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sumatera Utara Nawal Lubis mengingatkan masyarakat tentang pentingnya deteksi dini kanker.

"Kanker masih bisa ditangani apabila kita bisa mendeteksinya sejak dini. Karena itu, saya imbau masyarakat Sumut agar memeriksakan dirinya,” kata Nawal Lubis saat melakukan monitoring lomba Inspeksi Visual Asam Asetat (Iva) Test PKK, di Kabupaten Toba, Senin.

Nawal Lubis mengaku senang apabila ada masyarakat yang sukarela melaksanakan deteksi dini, khususnya Iva test. Iva Test adalah cara untuk mendeteksi kanker serviks. Menurut Nawal, kanker serviks cukup banyak diderita oleh masyarakat Indonesia.

"Karena kanker akan lebih sulit ditangani, apabila sudah stadium lanjut," kata Nawal.

Selain itu, Nawal juga mengapresiasi para suami yang mau mendampingi istrinya melakukan Iva Test. Apalagi menurutnya kesehatan para istri atau ibu sangat penting. Sebab ketahanan keluarga bergantung pada peran ibu.

“Jadi apabila bapak-bapak sudah mau mengajak istri (Iva Test), luar biasa, saya acungi jempol, berarti bapak-bapak di sini sayang sama istrinya, apabila ibu sakit, ketahanan keluarga akan goyang dengan sendirinya, kalau ibu sehat ketahanan keluarga akan kuat,” kata Nawal.
Nawal juga menyebut PKK memiliki peran sangat penting bagi program pemerintah, khususnya kesehatan. Bahkan, PKK merupakan salah satu ujung tombak Sumut dalam bidang kesehatan.

“PKK adalah ujung tombak Sumut, luar biasa PKK sudah banyak membantu pemerintah, kita membantu pekerjaan pemerintah, khususnya kesehatan ini,” sebut Nawal.

Nawal menuturkan dalam waktu dekat deteksi dini kanker serviks bisa dilakukan dengan melalui urine, sehingga masyarakat tidak perlu malu lagi untuk melakukan deteksi dini kanker.

"Jadi ibu-ibu, deteksi kanker serviks nanti ibu-ibu tidak perlu malu lagi, nanti yang diperiksa cuma air seni atau urinenya saja,” ucap Nawal

Ketua TP PKK Toba Rita Marlina menyebutkan, berbagai inovasi yang telah dilakukannya terkait meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai kanker. Mulai dari layanan secara langsung, penyuluhan ke kelompok masyarakat, hingga menggandeng pengusaha atau perusahaan.

“Semua ini dilakukan agar masyarakat kita sehat dan terhindar dari kanker,” ujar Rita

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023