PT Alfa Scorpii akan menggelar bLu cRu&Experience Offroad School biar lihai saat trabasan, Minggu (18/06/2023). Kegiatan tersebut akan memberi kesempatan kepada para pemilik dan komunitas pengguna Yamaha WR 155 R untuk melalukan pelatihan dasar trabasan.

Pastinya pemilik motor trail atau dual purpose Yamaha WR 155 R ingin geber di lintasan trabasan. Tapi sebelum melakukan trabasan, PT Alfa Scorpii akan memberikan pelatihan dasar untuk trabasan di kelas Yamaha Off-Road School Experience.

Yang pertama adalah teori dasar dari menggunakan motor dual purpose dan yang kedua langsung praktik di sirkuit Alamata Jaya, Gunung Tinggi, Pancur Batu, Deliserdang. Dalam teori diberikan informasi teknik-teknik dasar mengendarai motor trail di medan off-road maupun on-road bersama instruktur profesional dari Yamaha Riding Academy (YRA) Medan.

Tidak cuma teori, para peserta akan langsung mempraktekan teknik mengerem, berbelok, serta melewati tanjakan dan turunan terjal. Jadi peserta langsung membuktikan teori yang diberikan oleh instruktur YRA dengan mengendarai Yamaha WR 155 R di sirkuit Alamata Jaya.

Pelatihan dasar Yamaha Off-Road School Experience dilakukan agar seluruh peserta bisa nyaman mengendalikan motor trail Yamaha WR 155 R pada medan off-road, namun juga pada medan on-road seperti jalan raya.

“Pemilik Yamaha WR kini cukup banyak. Selain digunakan off-road, tidak sedikit juga pemilik motor trail yang menggunakan motor mereka untuk harian,” ujar Saiful Bait, SPV Promotion PT Alfa Scorpii dalam pers rilisnya Kamis.

Saiful Bait mengungkapkan alasan di balik program ini. "Mengendarai motor off-road ini mungkin mudah dikendarai. Tapi mengendarai itu dengan benar tidak mudah. Itu alasan kami memiliki program edukasi untuk orang yang memiliki keinginan naik trail. Dan juga, kebanyakan dari para pecinta off-road, trabas, rata-rata belajar secara otodidak. Bukan melalui proses edukasi seperti ini terlebih dulu," ungkapnya.

 


Ia menambahkan bahwa Yamaha merupakan yang pertama punya kurikulum semacam ini. Program tak terbatas undangan. 

Para konsumen dipersilakan mengikuti tanpa dipungut biaya. Mereka pemilik WR 155 R tapi belum punya pengalaman berkendara off-road bisa ikut pembelajaran di sirkuit Alamata Jaya, Gunung Tinggi, Pancur Batu, Deliserdang. Supaya mendapat teknik benar di bawah bimbingan instruktur berpengalaman.

Spesifikasi WR 155 R
Mesinnya yang berkapasitas 155 cc, 1-silinder, SOHC ternyata mampu menaklukan trek dengan mudah. 

Apalagi dengan adanya teknologi katup variabel (VVA), tak ada efek jeda atau kehilangan daya kala mendaki. Torsinya pun terasa di tiap putaran mesin. Kalau dilihat dari catatan pabrik, ia mampu menghasilkan tenaga sebesar 16,7 hp @ 10.000 rpm dengan torsi maksimum 14,3 Nm @ 6.500 rpm. 

Dibanding rival, tenaga motor WR paling besar. Ditambah sproket belakangnya (gir belakang) pakai 51 mata.
Jika teman-temannya masih mengandalkan udara sebagai pendingin suhu mesin, WR selangkah di depan. Sudah terpasang radiator, meredakan panas tatkala piston terus dipacu.

Struktur pun sepenuhnya baru, memakai model double cradle sesuai spesies trail. Bukan Delta Box. Konstruksi seperti ini dikenal memberi keseimbangan lebih baik sekaligus rigid saat dipakai main tanah maupun aspal.

Suspensinya pun memiliki travel paling panjang. Meski jenisnya teleskopik, diameter tabungnya besar dan kokoh. Wajar jika menginjak sesuatu seperti tak terasa. Begitu pula penopang belakang, tak kalah hebat.

Impresi terhadap teknologi dan teknis menusuk kawan-kawan trail dari Jepang. Mutlak menang.
Fitur juga sangat cukup. Instrumennya paling besar dan sudah full digital.

Semua display terbaca baik. Dan yang paling penting, punya menu komplet. Hingga informasi konsumsi bahan bakar real time dan rata-rata saja ada. 

Hanya saja memang, dimensinya paling jangkung berikut bobot sedikit lebih berat dari rival. Butuh penyesuaian khusus apalagi kalau memiliki tubuh kecil.

Datang paling akhir di segmen ini, Yamaha WR 155 R juga hadir tanpa opsi. Hanya ada satu varian pada trail jagoan mereka. Bagi yang berharap dalam waktu dekat jenisnya bakal variatif, harus bersabar dulu. 

Karena sampai sekarang, Yamaha Indonesia belum berencana menambahnya. Yamaha belum tergugah untuk mengobrak-abrik basis WR. Responsnya masih dinilai positif.

Untuk harga, Yamaha membanderol WR 155 R seharga Rp 41-an (OTR Medan). Ada dua warna yang ditawarkan, Yamaha Blue dan Yamaha Black. (....)

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023