Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin bersama Wagub Sumut Musa Rajekshah ikut dalam rangka memeriahkan Bukit Lawang Orangutan Trail (BLOT) 2023.

Keduanya turun pada kejuaraan lari lintas alam yang memadukan olahraga dan pariwisata (sport tourism) di kategori 7 kilometer (km) dalam keterangan tertulis di Medan, Ahad (28/5). 
 
Kejuaraan sport tourism itu total diikuti oleh 700 orang pelari lebih yang bertarung untuk menjadi tercepat di kategori 7 km, 25 km, dan 50 km. 
 
Pangdam I/BB mengaku gembira melihat antusiasme para peserta kejuaraan lari lintas alam saat melakukan pelepasan di kategori 25 km, dan Ijeck sapaan akrab Wagub Sumut melepas di kategori 50 km.
 
"Selamat bertanding, jaga sportivitas dan keselamatan karena lintasan licin setelah kemarin diguyur hujan," ucap Mayor Daniel. 
 
Setelah itu, perwira tinggi TNI AD kualifikasi Komando tersebut bergegas memeriksakan kesehatannya. Sebab, dirinya bersama Ijeck akan tampil di kategori 7 km dan Zumba yang dilepas director BLOT 2023. 
 
Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin melepas para peserta kategori 25 km di Bukit Lawang Orangutan Trail 2023, Bahorok, Langkat, Sumut, Sabtu (27/5/2023). (ANTARA/HO-Kodam I/BB)
 
Assistant Event Director BLOT 2023 Bela Saragih menyampaikan peserta dari luar negeri diikuti 13 negara, di antaranya USA, Perancis, Belanda, Vietnam dan Malaysia.
 
Untuk kategori 7 km tercatat 400 peserta ditambah 100 undangan, termasuk Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin dan Wagub Sumut Musa Rajekshah. 
 
"Kategori 25 km sebanyak 60 pelari, dan 50 km sekitar 50 orang. Kalau peserta selain Sumut, juga ada dari Pulau Jawa, Kalimantan, Maluku hingga Papua," terang Bela.
 
Dalam kegiatan BLOT 2023 ini, beragam aktivitas menarik digelar selain trail run, seperti jungle run, perlombaan tradisional rafting, kampanye satwa orangutan dan bazar UMKM.
 
Bukit Lawang Orangutan Trail 2023 resmi dibuka dari Terminal Atas Bukit Lawang, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Sabtu (27/5). 
 
Acara pembukaan ditandai dengan Flag off Start 25 km oleh Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin bersama Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah. 
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023