Omzet para pengusaha di pameran Localfest Medan 2023 berada di kisaran Rp1 juta sampai Rp20 juta per hari sejak Sabtu (27/5).

"Kami mendapatkan satu juta per hari. Namun memang itu belum sesuai ekspektasi," ujar Faiz Aqsa, pemilik jenama busana asal Medan "Autodidact." di Localfest Medan, Lapangan Benteng, Medan, Minggu.

Faiz menyebut, sebelum berpartisipasi di Localfest Medan, pihaknya memprediksi pengunjung bakal ramai ke stan mereka.

Apalagi, acara itu juga menampilkan beberapa grup musik ternama nasional.

"Mungkin karena daya beli masih kurang. Lalu, lantaran acara pertama ini kali di Medan, bisa jadi sosialisasinya masih kurang," tutur Faiz.

Sementara jenama Six6street, yang juga dari Medan, memperoleh Rp1,3 juta per hari di Localfest.

Andai cuaca dalam kondisi bagus, pihak Six6street yakin omzet tersebut bakal lebih tinggi.

"Cuaca kurang mendukung," kata Vira.

Sementara jenama-jenama yang datang dari luar Medan, yaitu Cosmonauts (Jakarta) dan Kanky (Bandung), mampu meraup omzet di atas Rp4 juta.
Supervisor Event Cosmonauts Mulyadi menyebut pihaknya bisa meraup omzet Rp4 juta per hari, tetapi itu masih di luar target.

"Kalau target kami, omzet Rp75 juta dalam dua hari Localfest. Nilai itu kami tetapkan karena berkaca dari pameran-pameran sebelumnya," tutur Mulyadi.

Alfonsus Ivan, pemimpin produksi sekaligus pendiri Kanky, menyebut bahwa pihaknya mengantongi omzet Rp20 juta per hari dari Sabtu (27/5).

Menurut dia, itu karena antusiasme masyarakat Medan.

"Akan tetapi, pengunjung baru ramai dari sore ke malam. Untuk omzet sebenarnya di bawah target tetapi itu mungkin karena Localfest ini baru pertama kali di Medan," ujar Alfonsus.

Localfest Medan digelar pada 27-28 Mei 2023 di Lapangan Benteng, Medan. Nantinya, acara itu digelar di empat kota di Indonesia seperti Medan, Jakarta, Surabaya dan Yogyakarta, dengan Medan sebagai kota pembuka.

Pameran tersebut diikuti oleh puluhan pelaku usaha, termasuk busana dan kuliner, baik yang berasal dari Medan maupun luar Sumatera Utara.

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023