Atlet anggar Sumatera Utara yang dipersiapkan untuk menghadapi PON 2024:membutuhkan sarana latihan yang memadai sebagai upaya untuk menunjang peningkatan kemampuan demi meraih hasil maksimal nantinya di pesta olahraga terakbar di Indonesia tersebut.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) Sumatera Utara, Dr M Fauzan Azhmy, di Medan, Rabu, mengatakan, sarana latihan yang representatif sangat penting sebagai upaya persiapan untuk menghadapi PON 2024.

Selama ini atlet yang dipersiapkan untuk menghadapi PON 2024 masih melakukan latihan secara intensif di gedung boling di kawasan Sport Center Dispora Sumut, bergabung dengan sejumlah cabang olahraga lainnya.

Kondisi tersebut dinilai tidak kurang mendukung, apalagi anggar adalah. cabang olahraga yang membutuhkan konsentrasi penuh dan suhu ruangan setidaknya di bawah 22 derajat, mengingat pakaian pelindung yang cukup tebal.

"Jadi tempat latihannya belum representatif. Kita punya alat latihan itu seharga Rp 350 juta, kalau suhu udara di atas 20 derajat celcius maka ada alat cip yang bisa meleleh, jadi tidak dapat di pakai. Kita sangat mengharapkan tempat latihan yang representatif," harapnya.

Kendati demikian, tegas Fauzan, dengan keterbatasan tersebut tidak menyurutkan semangat para atlet untuk berlatih demi meraih prestasi maksimal nantinya .
"Kita sudah memiliki atlet dan pelatih berlisensi Internasional jadi kesiapan kita sudah sangat kuat. Anggar ini satu-satunya olahraga yang menggunakan alat, tidak seperti olahraga-olahraga bela diri lainnya. Jadi yang dibutuhkan adalah skill, " katanya.

Terkait atlet, ia mengatakan saat ini pihaknya menyiapkan enam atlet yang masuk dalam Pelatda jangka panjang program KONI Sumut untuk persiapan menghadapi PON/XXI 2024.

Ke enam atlet tersebut adalah Fauzi Al Vicri, M.Habib Syahputra, Goenersya Haidar Rudhani, Rifqi Ikhsanul Akmal (Putra) dan Rafika, Friska Tri Sakila (Putri).

Selama menjalani Pelatda jangka panjang menuju PON XXI/2024 ke-6 atlet tersebut didampingi dua pelatih yakni Sunandar dan Rini Siska Yuniarni (Pelatih)

"Dengan materi atlet yang ada saat ini, kami optimistis atlet-atlet binaan yang saat ini masuk dalam Pelatda jangka panjang mampu mempersembahkan medali untuk kontingen Sumatera Utara. Apalagi kedua pelatih yang membina ke enam atlet tersebut adalah mantan atlet nasional," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023