Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan Medan Benny Nasution mengatakan, pameran Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) di Lapangan Benteng, Medan pada 16-21 Mei 2023 rencananya akan ditutup oleh istri Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Wury Ma'ruf Amin.

"Kemungkinan akan ditutup oleh ibu istri Wakil Presiden yang juga Ketua Umum Dekranas. Namun, itu belum pasti," ujar Benny kepada ANTARA di Medan, Jumat.

Dia melanjutkan, Wury Ma'ruf Amin ingin menutup pameran tersebut lantaran antusias melihat semangat pelaku UMKM yang mengikuti ekshibisi Dekranas tersebut.

Wury, yang hadir pada pembukaan perayaan HUT ke-43 Dekranas pada 16 Mei 2023, senang dengan geliat perkembangan UMKM nasional yang mengikuti pameran tersebut.

"Sambutan masyarakat, terutama Kota Medan, memang sangat bagus," kata Benny.

Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan Medan menyatakan, sampai Jumat (19/5), pameran HUT ke-43 Dekranas berjalan dengan baik.

Bahkan, hingga Kamis (18/5) malam, kegiatan tersebut bisa mengumpulkan omzet mencapai Rp1,14 miliar.

Total ada 100 stan UMKM yang mengikuti ekshibisi itu yang memamerkan produk kriya atau kerajinan dari seluruh Indonesia. Selain itu, ada pula puluhan ruang pamer kuliner.

"Pelaku UMKM, khususnya dari Medan, berharap event seperti ini lebih sering dilaksanakan karena sangat membantu mereka dalam hal pemasaran dan perekonomian," tutur Benny.

Dekranas merupakan organisasi nirlaba tempat berkumpulnya para penikmat seni dengan tujuan untuk mengembangkan produk kerajinan dan pelaku bisnisnya yang sebagian berstatus usaha kecil dan menengah.

Dekranas resmi terbentuk pada 3 Maret 1980 melalui terbitnya Surat Keputusan Bersama Menteri Perindustrian dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023