Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara Baskami Ginting, mengajak seluruh masyarakat untuk ikut berpartipasi dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024 di provinsi setempat.

"Politik itu menggembirakan, jangan ada saling menghujat satu dengan lainnya. Kita harus perkuat persatuan dan kesatuan," ujar Baskami, di Medan, Senin.

Baskami juga mengajak masyarakat untuk ikut mencegah dalam segala bentuk black campaign, yang mengganggu ketertiban dan ketentraman masyarakat.

"Baik Kepolisian, pengawas pemilu kita dan lainnya. Mari perkuat kewaspadaan kita," katanya.
 

Menurutnya, pada tahun politik, sering terjadi black campaign, dan isu isu sensitif dari orang orang yang tidak bertanggung jawab.

Untuk itu, Ia mendorong pemangku kebijakan terkait untuk intens melakukan dialog bersama seluruh elemen masyarakat yang ada di Sumatera Utara.

"Kita harus tetap waspada, jangan termakan berita-berita hoaks yang menyesatkan. Sebelum menyebarluaskan berita, lakukan filter dahulu, verifikasi lewat media yang kredibel," katanya lagi.

Baskami mengatakan Pancasila sebagai pandangan hidup (way of life) harus terus dikumandangkan. Ke depan, selain pemerintah maupun partai politik, media massa juga memberikan pendidikan politik yang mencerahkan kepada masyarakat.

"Dalam hidup berbangsa dan bernegara, tidak dilarang untuk membentuk kelompok, mengemukakan pendapat dan sebagainya. Akan tetapi yang lebih utama adalah kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi. Kawan-kawan jurnalis, kami harap terus memberikan pencerahan, asas cover both sides alias berimbang jangan dilupakan. Mari kita menjaga persatuan dan kesatuan bangsa ini," ujarnya.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023