Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Kota Medan, Sumatera Utara, menggelar berbagai olahraga rekreasi pada ajang Car Free Day (CFD) di seputaran Lapangan Merdeka Medan, Ahad (7/5). 
 
Masyarakat Kota Medan mempunyai banyak pilihan untuk berolahraga, di antaranya senam, jalan santai, bersepeda, termasuk tonis. 
 
Tonis merupakan olahraga rekreasi perpaduan olahraga tennis dan bulu tangkis. Dispora membuka lapangan di persimpangan Jalan Balai Kota dan warga dipersilakan memainkan olahraga rekreasi dan prestasi binaan Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI).  
 
"Pada 27 Mei nanti digelar kejuaraan tonis se-Sumatra Utara diikuti seluruh kabupaten/kota. Pemenangnya akan diutus mengikuti Festival Olahraga Rekreasi Nasional di Bandung, Juli mendatang," sebut Ketua Persatuan Tonis Seluruh Indonesia (Pertonsi) Medan, Yonal Feri. 
 
Warga mengikuti gerakan senam di Car Free Day seputaran Lapangan Merdeka Medan, Ahad (7/5/2023).  (ANTARA/HO-Diskominfo Kota Medan)

Olahraga yang menggabungkan tenis dan badminton ini, lanjut dia, dinilai lebih praktis, murah, dan mudah, sehingga cepat diterima masyarakat di Indonesia.

Alat yang digunakan memukul bola disebut paddle yang terbuat dari bahan kayu yang ringan, tetapi kuat dan tidak mudah patah. 
 
"Sedangkan bola tonis menggunakan bola seukuran bola tenis. Namun, bola pada tonnis memiliki tekanan udara lebih ringan. Laju bola menjadi lambat atau tidak cepat, seperti pada bola tenis biasa," jelasnya. 
 
Kepala Dispora Kota Medan Pulungan Harahap mengaku pihaknya sengaja mengajak berbagai komunitas dan cabang-cabang olahraga untuk menyemarakkan CFD ini setiap akhir pekan.

"Jadi selain menjaga lingkungan, mengurangi polusi udara, CFD ini juga menjadi ajang untuk membudayakan berolahraga pada diri warga Medan. Olahraga membuat sehat, warga sehat, negara pun kuat," ucapnya.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023