Pemerintah Kota (Pemkot) Pematang Siantar menyatakan tetap berkoordinasi dengan DPRD terkait peringatan Hari Jadi ke-152 Kota Pematang Siantar tahun 2023. 

Pernyataan itu disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Pematang Siantar Kusdianto SH, melalui rilis pers, Sabtu (29/4), menanggapi adanya tudingan ketidakadaan koordinasi terkait persiapan peringatan Hari Jadi Kota. 

Dipaparkan, Panitia Pelaksana Peringatan Hari Jadi Ke 152 Kota Pematang Siantar melalui Dinas Pariwisata telah mengundang DPRD melalui Sekretaris DPRD untuk menghadiri rapat persiapan di kantor Dinas Pariwisata pada Kamis 6 April 2023.

Dalam rapat tersebut disepakati pelaksanaan zikir memperingati haul Raja Sangnaualuh Damanik digelar Rabu 26 April malam dan ziarah ke Jorat Raja Siantar diadakan Kamis 27 April. 
Sebab tanggal 24 April 2023 yang merupakan Hari Jadi Kota Pematang Siantar masih dalam masa cuti bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Dalam rapat tersebut juga disepakati, Sekretaris DPRD selanjutnya akan membuat rapat lanjutan di Sekretariat DPRD terkait kegiatan Sidang Paripurna dalam rangka Hari Jadi Ke 152 Kota Pematang Siantar. 

Keikutsertaan Sekretaris DPRD pada rapat persiapan Hari Jadi kota Pematang Siantar tersebut selaku perpanjangan tangan DPRD merupakan hal yang lazim, sama dengan kegiatan tahun sebelumnya pada momentum yang sama. 

Sekretaris DPRD Eka Hendra SSos dan Kepala Bagian Umum Sekretariat DPRD Dra Patresia R Marbun menghadiri undangan rapat tersebut, bersama-sama peserta rapat lainnya, antara lain Ketua Ikatan Keluarga Islam Simalungun (IKEIS), pihak Yayasan Raja Sangnaualuh Damanik, Satpol PP, serta Sekretaris Camat Siantar Selatan.  

Sekretaris DPRD Eka Hendra yang ditemui mengaku, telah menyampaikan hasil rapat tanggal 6 April 2023 langsung kepada pimpinan DPRD, pada kesempatan pertama setelah pelaksanaan rapat. 

Saat itu, lanjut Eka, kepada pimpinan DPRD ia menjelaskan pelaksanaan Hari Jadi Ke 152 Kota Pematang Siantar diundur dari tanggal 24 April ke 27 April karena momentum Hari Raya Idul Fitri dan cuti bersama.
 

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023