Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol R.Z. Panca Putra Simanjuntak meninjau langsung Kota Tebing Tinggi untuk memastikan kondisi arus mudik Lebaran 2023 di daerah itu aman dan lancar.

"Hari ini kondisi arus lalu lintas mulai ramai tepatnya di Simpang Beo, Kota Tebing Tinggi. Masyarakat sudah banyak yang melakukan perjalanan mudik," ucap dia di Medan, Rabu.

Ia menyebutkan volume kendaraan pemudik dari arah Medan menuju Pematang Siantar dan sebaliknya terpantau ramai lancar.

`"Namun begitu, apabila terjadi kepadatan atau kemacetan personel di lapangan menerapkan rekayasa lalu lintas satu arah dari Medan menuju Pematang Siantar," katanya.

Ia mengatakan dari Batubara menuju Pematang Siantar melalui Jalan Lintas Siantar apabila mengalami kemacetan diarahkan sampai ke Simpang BRI Unit Sri Padang, selanjutnya masuk ke Jalan Imam Bonjol tembus Simpang Brimob Tebing.

Panca juga mengingatkan kepada seluruh personel yang bertugas selalu berpedoman terhadap cara bertindak sesuai situasi lapangan saat mengurai kemacetan arus lalu lintas.
Selain itu, katanya, pentingnya kelengkapan rambu petunjuk dan rambu peringatan yang dapat membantu kerja personel di lapangan dalam mengatur arus lalu lintas selama mudik Lebaran.

"Kita semua harus siap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat agar masyarakat aman dan tenteram di perjalanan menuju lokasi tujuan masing-masing," katanya.

Ia juga mengingatkan kepada kapolres, kepala pospam/kepala posyan agar seluruh perlengkapan disebar di lapangan, guna antisipasi kemacetan.

Di lokasi keramaian agar disiapkan "tolo-tolo" guna meminimalisasi kepadatan yang berakibat kepada kemacetan arus lalu lintas.

"Tidak ada lagi kendaraan yang melebihi ketentuan yang melintas, sesuai dengan SK bersama. Jangan ada lagi kendaraan yang melintas yang mengangkut non-BBM dan non-sembako," katanya.

Panca menambahkan pentingnya disiapkan kantong parkir untuk memarkir kendaraan-kendaraan yang memuat non-BBM dan non-sembako.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023