Pelaksanaan Konferensi Cabang (Konfercab) ke-XIV PC PMII Madina yang dilaksanakan pada hari Sabtu (8/4) yang lalu berlangsung dengan baik dan telah menghasilkan kepemimpinan yang baru untuk periode selanjutnya.

Pelaksanaan konferensi tersebut mendapat apresiasi dari Ikatan Alumni PMII Madina.

Ikatan Alumni PMII menilai hiruk pikuk pelaksanaan Konfercab merupakan bagian dari proses berdemokrasi bagi para kader PMII cabang Madina. Hal ini membuktikan bahwa para kader peduli dengan organisasinya.

Konferensi cabang yang diketahui telah memberikan mandat kepemimpinan yang baru kepada Ahmad Rizal Nasution. Sebelumnya ada 3 calon yang menyatakan siap menjadi ketua cabang PMII termasuk Abdul Malik Nasution dan Bajora Fadery. 

Ketua Ikatan Alumni PMII, Drs H Mhd Idris Batubara dalam keterangan tertulisnya kepada ANTARA, Kamis (13/4) malam mengatakan, mengatakan bahwa ketiga calon adalah kader terbaik PC PMII Madina.

Ia menyebut, terpilihnya Ahmad Rijal Nasution setelah melalui proses musyawarah mufakat yang merupakan wujud kematangan para calon ketua sebagai kader pergerakan.

Dan musyawarah mufakat kata mantan ketua Pengurus Koorcab PMII Sumut itu dihadiri kedua orang kandidat yaitu Ahmad Rizal Nasution dan Malik Lubis. 

Keduanya mencapai kesepakatan musyawarah mufakat tersebut setelah mendengar arahan bimbingan dari pengurus Ikatan Alumni PMII Madina juga Mabincab PMII Madina. 

Idris Batubara menjelaskan, pada awalnya Malik Lubis dan Ahmad Rizal sama-sama terpilih pada konferensi tersebut. 

"Mereka berdua sama-sama terpilih, hanya saja ada hal teknis yang terjadi pada saat konferensi hingga terjadi pemilihan ketua di dua lokasi berbeda, dan ini tidak perlu diungkap ke publik," ujarnya.

Namun, kata dia hal teknis ini sudah diluruskan semua pihak sehingga dengan keputusan dan kesepakatan bersama Ahmad Rizal sebagai mandataris ketua PMII Madina terpilih.

"Ini adalah win-win solution yang dicapai dengan difasilitasi ikatan alumni PMII bersama Mabincab (majelis pembina cabang) dan mengundang segenap senior organisasi. Artinya proses ini tidak lagi hanya bicara peraturan formal organisasi melainkan hasil mufakat bersama untuk penyelamatan organisasi juga menjaga marwah PMII Madina," ungkap Idris

Secara khusus, Idris Batubara menyatakan apresiasinya kepada Abdul Malik Lubis. 

"Ucapan terimakasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada sahabat Malik dalam pelaksanaan Konfercab ini layak diberikan. Sikap sahabat inilah sesungguhnya wajah dari organisasi pergerakan yang dikenal dengan dzikir, pikir dan amal shalehnya. Beruntung PMII memiliki kader terbaik seperti sahabat Malik," ungkapnya.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023