Pj. Wali Kota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi.hadiri penyaluran zakat kepada fakir miskin se-Kota Tebing Tinggi yang dilaksanakan BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional), Kamis (13/04/2023) di Masjid Agung Jl. K.L.Yos Sudarso.

Dalam sambutannya Pj. Wali Kota ini meminta kepada BAZNAS Kota Tebing Tinggi agar bekerja dengan sebaik-baiknya dan penuh keikhlasan. 

"Bukan hanya mengumpulkan zakat tapi juga pengelola. Teruslah bekerja dengan sebaik-baiknya, penuh ikhlas di jalan ini, semoga apa yang bapak, Ibu kerjakan mendapatkan imbalan yang setimpal dari Allah SWT," ujar Pj. Wali Kota.

Setiap tahunnya BAZNAS Kota Tebing Tinggi memberikan laporan kepada Pemko Tebing Tinggi hal penerimaan dan pengeluaran dari Baznas itu sendiri. Dan dari bantuan BAZNAS tersebut, juga ada bantuan secara syariah yang bisa diberikan bila sangat mendesak dan ini bisa disampaikan kepada BAZNAS Kota Tebing Tinggi.

Terkait pelaksanaan penyaluran zakat, Pj. Wali Kota mengatakan zakat yang dibagikan BAZNAS ini mungkin belum seberapa atau tidak sebesar yang diharapkan, akan tetapi itulah yang bisa dibagikan oleh BAZNAS Kota Tebing Tinggi, sesuai dari zakat-zakat yang dikumpulkan dan dari infak sedekah dermawan di Kota Tebing Tinggi.

Diakhir, Pj. Wali Kota berpesan kepada masyarakat Kota Tebing Tinggi agar nantinya dalam menyambut Idul Fitri dilakukan dengan kesederhanaan, hal ini mengingat situasi ekonomi yang masih belum pulih betul dari COVID-19.

Mari kita sambut Idul Fitri dengan kesederhanaan karena situasi ekonomi kita masih belum pulih betul dari COVID-19, kata Pj. Wali Kota. 

Dalam laporannya BAZNAS Kota Tebing Tinggi yang disampaikan Ketua Bidang 4 Administrasi dan Humas H. Sahbana, S.Pd., M.M., bahwa pembagian zakat hari ini sebanyak 1.077 paket, dari rencana 1.200 paket.

“Besok rencana kami akan mengumpulkan zakat maal yang ada di Pemerintah Kota Tebing Tinggi. Kami berharap banyak Bapak Pj. Wali Kota untuk menutupi, sehingga terealisasi 1.200 paket tersebut” harapnya. 

Program kerja BAZNAS Kota Tebing Tinggi turut disampaikan, mulai dari mengumpulkan dan menyalurkan bantuan zakat, kemudian paket bulanan untuk 60 orang setiap bulan dan adanya alokasi dana bergulir sebesar 300 juta rupiah.

Sampai hari ini setelah kepengurusan periode pertama, sudah 500 orang yang bisa memanfaatkan dana bergulir tersebut. InsyaAllah ini terus bergulir dan kita harapkan terus bertambah. kemudian ada bantuan yang sifatnya accident/ darurat, setelah melihat kemampuan BAZNAS, bisa dibantu kita beri bantuan tak ada satu pun di BAZNAS yang tertutup, kami sampaikan sesuai hak sesuai tertera di program kerja, ujar Sahbana, S.Pd., M.M.
 

Pewarta: Zulfan Kurniawan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023