Atlet atletik nomor lompat jauh Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang disiapkan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024, Shafwan Hafiz tetap melakoni latihan rutin meski dalam kondisi puasa Ramadhan.

"Latihan rutin ini untuk fokus ke persiapan umum jelang PON ke-21 di Aceh-Sumut pada tahun 2024 mendatang," kata Shafwan, di Medan, Minggu.

Ia menjelaskan latihan dilakukan dengan program seperti biasa atau sebelum puasa Ramadhan. Hanya saja ada satu materi yang intensitasnya dikurangi.

"Pola latihannya sama seperti biasanya, tetap pagi sore latihannya.Tidak ada pengurangan khusus. Hanya gimana cara pelatih bisa menempatkan program supaya jangan terjadi dehidrasi yang serius. Pengurangan nya mungkin hanya pada repetisi saja," katanya menambahkan.

Baca juga: Wagub Sumut berharap atlet IMI sumbang medali di ajang PON 2024

Untuk jadwal latihan, Shafwan mengatakan sama seperti biasanya yakni 12 sesi dalam seminggu. Artinya, proses latihan yang biasa dilaksanakan setiap harinya.

"Kalau latihan itu tetap jadwalnya, saya ada 12 sesi dalam seminggu. Liburnya itu hanya hari minggu. Latihan setiap hari pagi dan sore," ujarnya.

Peraih medali perak PON Papua ini juga tidak menampik jika aktivitas latihan yang dijalankan saat bulan puasa Ramadan ini cukup menguras fisiknya. Meski begitu, ia sudah memiliki langkah antisipasi untuk menghindari cedera dan drop saat latihan.

"Kalau saya lebih gimana menjaga makanan sama minum. Jangan sampai kurang cairan dan makanan yang dikonsumsi juga harus baik. Untuk mengurangi kelelahan yang berat saat latihan dan semua itu tergantung niat yang kita pasang. Kalau udah niat dari hati pasti badan itu jadi kuat," pungkas Shafwan Hafiz.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023