Personel Satpolairud Polres Asahan mengamankan 66 pekerja migran Indonesia (PMI) asal Malaysia di Kanal Silo Baru, Desa Silo Baru, Kecamatan Silo Laut, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara.

Puluhan PMI yang baru tiba dari negara jiran Malaysia itu diamankan petugas Satpolairud Polres Asahan pada Kamis (23/3) tengah malam.

Kapolres Asahan AKBP Roman Smaradhana Elhaj ketika dikonfirmasi wartawan, Jumat, membenarkan telah mengamankan 66 orang PMI asal Malaysia.

"Saat ini ke-66 PMI yang datang dari luar negeri itu sudah dilakukan pendataan," ucap Kapolres Asahan.

Awalnya pihak personel Sapolairud Bagan Asahan Polres Asahan Bripka Welly W Utomo dan Bripka Noji Syamsuar dengan menggunakan KP II - 1027 melaksanakan patroli rutin perairan dengan melakukan pengamatan dan pemantauan terhadap kapal kapal nelayan yang melintas di pesisir pantai Silau Laut. 

Personel patroli mencurigai ada salah satu kapal nelayan selanjutnya memberhentikan dan melakukan pemeriksaan terhadap kapal nelayan tanpa nama dan tanpa tanda selar yang hendak memasuki kanal Silau Laut. 

Setelah dilakukan penyetopan terhadap kapal tersebut, ditemukan PMI yang diduga berasal dari Malaysia berada di dalam kapal. 

Petugas selanjutnya melaporkan penemuan tersebut. Atas perintah Kasat Pol Air personel membawa kapal bermuatan PMI tersebut ke Pos Apung Sat Pol Airud Bagan Asahan. 
 

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023