Untuk mengantisipasi kejadian kenakalan remaja, pendampingan peran serta orang tua dalam melakukan pengawasan dan pengarahan terhadap anak sangatlah dibutuhkan. Bersama dengan dukungan pihak keluarga, juga masyarakat lingkungan sekitar tempat tinggal masing - masing. Hal ini disampaikan Kapolres Padang Lawas ( Palas) AKBP Indra Yanitra Irawan, SIK, M.Si menyahuti aspirasi sejumlah masyarakat terkait trik dan cara mengantisipasi aksi kejadian kenakalan remaja, pada acara kegiatan Jum'at Curhat, di Desa Hapung, Kecamatan Ulu Sosa, Jum'at ( 24/4) sore.

"Intinya harus saling menjaga. Bapak - bapak semua juga tetaplah berikan perhatian penuh terhadap anak masing - masing. Dan tetap perhatikan pendidikannya, agar mereka tidak melenceng melakukan perbuatan melanggar aturan yang tidak ingini bersama. Dan, agar mereka juga menjadi generasi andalan bangsa, yang kelak dapat membanggakan kita semua, amin"tutur Kapolres Palas.

Sedangkan untuk mengantisipasi peredaran gelap narkoba, AKBP Indra menghimbau kepada masyarakat luas apabila ada mengetahui informasi itu (peredaran gelap narkoba) supaya menyampaikan informasi tersebut, terhadap pihaknya untuk segera ditindak lanjuti. 

"Pelaku narkoba akan kami tangkap. Namun apabila ada pengguna yang ingin bertaubat, pihak keluarga tidak usah segan - segan sampaikan kepada kami agar dilakukan rehab. Dan untuk informasi peredaran gelap narkoba, tidak usah takut, nama identitas pelapor akan dirahasiakan itu komitmen kami apabila ada di desa ini ke depan,"tegas AKBP Indra menjawab aspirasi masyarakat desa yang sama ( Asmar Hasibuan) pada kegiatan Jum'at Curhat Polres Palas ini.

Guna menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan damai, pada kesempatan ini AKBP Indra menambahkan berpesan, kepada masyarakat desa setempat apabila ada kejadian yang menggangu kenyamanan Kamtibmas di desa itu supaya segera memberitahukan pihaknya, agar segera ditindak lanjuti. Baik melalui Bhabinkamtimbas atau menghubungi langsung nomor contak call center layanan Polres Palas yang dibagikan pihaknya pada acara ini. 

"Terimakasih atas sambutannya, kepada Pemerintah Desa dan saudara - saudara kami bapak - bapak semua. Kiranya melalui acara ini ( Jum'at Curhat) hubungan silaturrahmi antara kita semua kedepan semakin erat dan baik. Untuk aspirasi pembuatan atau pembentukan Pos Polisi di desa ini tadi, itu juga sudah merupakan rencana kami, bersama di 303 desa se - Palas lainnya. Untuk itu sekali lagi, mohon doa dan dukungannya kepada saudara - saudaraku semua, terhadap kami dalam melaksanakan tugas di Kabupaten Padang Lawasnyang Bercahaya ini kedepan,"tutur AKBP Indra.

Kepala Desa Hapung Musriadi Hasibuan mengucapkan terimakasih kepada Kapolres Palas AKBP Indra Yanitra Irawan, SIK, M.Si atas kehadirannya beserta rombongan pada kegiatan Jum'at Curhat tersebut, di desa yang dipimpinnya tersebut. 

,"Terimakasih juga tentunya atas  jawaban aspirasi yang kami sampaikan kepada bapak Kapolres. Segala saran, pesan, dan himbauan yang bapak sampaikan diacara kita bersama ini, akan kami indahkan dan pedomani bersama ke depan. Termasuk penyampaian informasi gangguan Kamtibmas, juga tips cara mengantisipasi kenakalan anak remaja yang dipaparkan bapak ( Kapolres Palas) tadi. Juga aturan tertib berlalu lintas untuk keselamatan bersama,"tutur Musriadi.(*)
 

Pewarta: Mhd. Ashari Hasibuan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023