Program SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) Seriti (Serdang Bedagai - Tebing Tinggi) diharapkan dapat terealisasi dengan maksimal pada tahun 2024, sebagai upaya pemenuhan air minum aman dan layak bagi masyarakat.

Hal ini disampaikan Pj. Walikota Tebing Tinggi, Muhammad Dimiyathi saat memghadiri penutupan Rapat Pembahasan Laporan Final DED dan Laporan Final Safeguard SPAM Seriti, Kamis (16/02/23) di Ballroom Four Points, Jl. Gatot Subroto, Medan. 

SPAM Regional Seriti direncanakan untuk melayani kebutuhan air minum di Kota Tebing Tinggi pada tiga kecamatan yaitu Kecamatan Padang Hulu, Kecamatan Padang Hilir, dan Kecamatan Tebing Tinggi Kota dengan target 21 kelurahan.

Serta Kabupaten Serdang Bedagai pada empat Kecamatan yaitu Kecamatan Sei Bamban, Kecamatan Tebing Tinggi, Kecamatan Tebing Syahbandar, dan Kecamatan Bandar Khalipah dengan target 16 kelurahan.

Pengembangan SPAM Seriti dibagi menjadi 3 Zona yaitu Zona 1 (Kecamatan Sei Bamban dan Kecamatan Tebing Tinggi), Zona 2 (Kecamatan Padang Hilir, Kecamatan Padang Hulu, dan Kecamatan Tebing Tinggi Kota) dan Zona 3 (Kecamatan Tebing Syahbandar dan Kecamatan Bandar Khalipah). 

Pelayanan air minum Kota Tebing Tinggi menggunakan sistem perpipaan milik PDAM Tirta Bulian dengan intake ke pengelolaan Sungai Padang.

Pada akhir kegiatan ia beserta perwakilan Pemkot Tebing Tinggi, perwakilan Direktorat Air Minum Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, perwaklian Pemkab Serdang Bedagai, dan Tim Teknis Pusat  menandatangani berita acara hasil Workshop Final DED SPAM Regional Seriti.
 

Pewarta: Zulfan Kurniawan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023