Pemkab Padang Lawas ( Palas) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) dan Dinas Sosial  memberikan bantuan sembako dan santunan kepada lima orang kepala keluarga korban kebakaran rumah di Desa Sialagundi, Kecamatan Huristak, Senin (13/2).

Sekda Palas Arpan Nasution mengatakan pemberian bantuan sembako dan santunan tersebut adalah sebagai bentuk perhatian Pemkab Palas kepada para korban kebakaran rumah yang terjadi di desa setempat, pada hari Sabtu (11/2) siang yang lalu. 

Atas nama Pemkab Palas, ia menyatakan, turut prihatin dan berduka atas peristiwa kebakaran lima unit rumah masyarakat di desa setempat.

"Tidak ada yang suatu kebetulan, satu helai daun pun jatuh atas izin Allah. Untuk itu saya berharap kepada bapak ibu korban kebakaran rumah, tetaplah kuat dan bersabar, kiranya dibalik semua peristiwa ini, saudara saudari semua mendapat keberkahan dan limpahan rezeki dari Allah," Sekda Arpan mewakili Plt Bupati Palas drg. H. Ahamd Zarnawi Pasaribu ( AZP) .

Untuk mengantisipasi kejadian yang sama agar tidak terulang, kepada seluruh warga  khususnya di desa setempat, ia mengimbau kedepannya supaya lebih berhati - hati dan waspada terhadap api. Karena menurutnya, api bisa bersahabat saat sedang kecil, ketika besar sangat berbahaya dan bisa menimbulkan suatu kejadian yang tidak diingini bersama.

Kepala Desa Sialagundi Pegang Harahap, mengucapkan terimakasih kepada Sekda Palas Arpan Nasution atas kehadirannya memberikan bantuan dan santunan mewakili Plt Bupati Palas AZP, terhadap masyarakat korban kebakaran rumah di desa yang dipimpinnya itu.

Melalui penyerhan bantuan dan santunan tali asih itu, ia berharap, hubungan silaturrahmi antara pihaknya bersama masyarakat desa setempat dengan Pemkab Palas kedepannya semakin baik.

"Terimakasih pak atas perhatian dan bantuannya, kiranya bapak Sekda dan Plt Bupati Palas  jajaran semakin sukses dan selalu dalam lindungan Allah kedepan, amin,"timpal Siti Ombun Harharap salah satu korban kebakaran.

Plt Camat Huristak Hazairin Hasibuan menyampaikan kejadian kebakaran lima unit rumah di desa setempat, terjadi pada hari pada hari Sabtu (11/2) siang yang lalu. Pada peristiwa naas yang belum diketahui pasti penyebab kejadian kebakaran rumah rumah tersebut, tidak ada korban jiwa. Hanya saja, kerugian material diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. 

Kelima unit pemilik rumah kebaran tersebut, antara lain Madan Harahap, Raja Ute Harahap, Marwan Hasibuan, Halim Harahap dan Siti Ombum Harahap.

"Korban kebakaran ada enam kepala keluarga. Selain para pemilik rumah atas nama kepala keluarga Sonang Nasution mengotrak atau bertempat tinggal disalah satu rumah yang terbakar itu,"terang Camat.
 

Pewarta: Mhd. Ashari Hasibuan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023