Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan turut serta mensukseskan pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN). Pencanangan diawali di Desa Sei Silau Timur, Kecamatan Buntu Pane dan ditandai dengan penetesan vaksin polio oleh Bupati Asahan, H Surya kepada salah satu balita.

Selain Bupati, Kapolres Asahan, AKBP Roman Smardhana Elhaj, Ketua PKK Asahan turut melakukan penetesan vaksin polio kepada balita. Selanjutnya balita yang telah diberikan vaksin diberi hadiah mainan. “ Harapan kita capaian PIN di Asahan bisa capai 95 % dari target,” kata Bupati, Senin (13/02) di Posyandu di Kecamatan Buntu Pane.

Untuk mencapai target, Bupati berharap kepada seluruh lapisan masyarakat ikut serta mensosialisasikan dan mensukseskan PIN tersebut. Pelaksanaan PIN dilakukan 2 tahap. Pertama tanggal 13 Februari dan kedua akan dilaksanakan pada 13 Maret tahun 2023. Vaksin diberikan kepada anak usia 0 bulan sampai 59 bulan berarti di bawah 5 tahun.“ Vaksin ini menggunakan biofarma dan telah diakui kehalalannya oleh majelis ulama Indonesia,” ucap Bupati.

Kepada orang tua, Bupati menjelaskan vaksin imunisasi polio bertujuan upaya mencegah supaya tidak terjadi kelumpuhan kepada anak anak terutama usia 0 sampai 59 bulan. 

“ Mari kita ajak dan himbau untuk tidak takut diimunisasi, jangan takut diimunisasi ajak semuanya untuk diimunisasi agar pelaksanaan  PIN di  Asahan sukses,” ajak Bupati.

Sementara itu, Perwakilan  Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, Kabid Kesmas Hery Valona Ambarita menyatakan pihaknya telah mendistribusikan kebutuhan vaksin. Tentunya jumlah yang diberikan sesuai koordinasi dan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Asahan. “ Harapan kita target di Asahan bisa tercapai dengan baik,” katanya.

Selain di Kecamatan Buntu Pane, pencanangan PIN juga di Lakukan oleh Wakil Bupati Asahan, Taufik ZA Siregar di kelurahan Sendang Sari, Kecamatan Kisaran Barat. Dan Sekretaris Daerah, Jhon Hardi Nasution di Desa Binjai Serbangan, kecamatan Air Joman beberapa Kecamatan lainya. 

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023