Semangat juang Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly P.Pasaribu untuk memajukan daerah mendapat apresiasi dari Ketua Fraksi Hanura DPRD kabupaten itu.

"Sepanjang dinilai berhasil wajar kita apresiasi, demikian sebaliknya," Ketua Fraksi DPRD Tapsel Muhammad Faisal Siregar kepada ANTARA di Sipirok, Rabu (4/1).

Ia mencontohkan terjadinya pergeseran penduduk miskin Tapsel kurun waktu lima "5" tahun terakhir sejak 2018 dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Tapsel 2022.

"Secara bertahap dimana 2018 tercatat angka kemiskinan 9,16 %, 2019 ( 8,60%), 2020 (8,47%), 2021 (8,80%), dan terendah di tahun 2022 (8,07%) dari sekitar 314 ribu jiwa penduduk Tapsel," katanya.

Ketua DPC Partai Hanura ini selanjutnya membeber bahwa terjadinya pergeseran penduduk miskin tidak lepas pengaruh positif ekonomi masyarakat.

"Melihat posisi kedudukan Indeks Pertumbuhan Manusia (IPM) Tapsel di 2022 di angka 70,92 poin sesuai data resmi BPS kita juga menyambut baik," tambahnya.

Meski demikian, Ia mengimbau Pemkab Tapsel agar tidak terus berpuas diri, namun apa yang diraih menjadi pemicu ke depan demi masyarakat Tapsel agar lebih baik.

"Sesuai tugas dan wewenang, meski kami (Hanura) tidak merupakan partai pengusung pasangan Bupati dan Wakil Bupati Tapsel di Pilkada 2019 lalu, namun kami tetap berfikir positif, jernih, rasional dan sehat dalam menyikapi setiap kebijakan publik," tegasnya.

Sepanjang program pembangunan yang dijalankan oleh pemerintah itu sangat baik apalagi dijalankan dengan "hati nurani rakyat", mengapa tidak, mari kita dukung, kata Faisal berdiplomasi.

Faisal dalam kata bijaknya menyatakan soliditas dan kolaborasi kunci penting dalam mendorong sebuah kemajuan termasuk hubungan antara legislatif dan eksekutif.

"Tindakan menyalahkan hanya akan membuang waktu. Sebesar apapun kesalahan yang kaku timpakan ke orang lain, dan sebesar apapun kamu menyalahkannya, hal tersebut tidak akan mengubah mu," kata Faisal meminjam kata bijak Wayne Dyer.

Demi kesejahteraan masyarakat Tapsel secara umum, Faisal mengajak seluruh elemen maupun kelompok untuk saling dukung mendukung serta kompak tanpa mengabaikan sikap kritis sebagai penyeimbang.

"Berhenti menyalahkan orang lain, karena itu tidak akan mengubah dirimu menjadi pribadi yang lebih baik. Menurut Wayne Dyer penulis Amerika,  usaha mencari pembenaran dalam kehidupan adalah sia-sia belaka," tutup Faisal seraya menginginkan Tapsel lebih jaya ke depan.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023