Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan, Sumatera Utara, menyebut telah memperbaiki infrastruktur jalan dengan panjang 158,2 kilometer di daerah ini.

"Sampai minggu pertama di Desember 2022, itu total pengerjaan jalan aspal sepanjang 158,2 kilometer," ujar Kepala Dinas PU Kota Medan, Topan OP Ginting di Medan, Senin (19/12).

Seratusan lebih kilometer panjang infrastruktur jalan yang diaspal itu, terang dia, berada pada 295 lokasi di wilayah ibu kota Provinsi Sumatera Utara.

Lalu rekonstruksi jalan berupa peningkatan dari jalan aspal ke rigid beton telah dilakukan sepanjang empat kilometer pada delapan ruas jalan di Kota Medan.

"Untuk rigid beton swakelola ada di 27 ruas jalan sepanjang 5,69 kilometer. Jadi kalau kita total yang rigid beton sekitar 10 kilometer," terang dia.

Pihaknya mengaku menggunakan alokasi APBD Kota Medan sebesar Rp1,3 triliun, di antaranya Rp722,5 miliar lebih program penyelenggaraan jalan tahun ini.

"Saya harus sampaikan pekerjaan jalan di akhir tahun sedikit terganggu karena cuaca. Kita bisa lihat hujan tidak pernah berhenti, tetapi saya optimis di atas 80 persen bisa kita bereskan hingga akhir tahun ini," ucap Topan.

Ia mencontohkan ruas jalan rigid beton, di antaranya Jalan Karya Jaya, Kecamatan Medan Johor yang sedang tahap pengerjaan bakal dilakukan secara bertahap.

Pada tahun ini dilakukan perbaikan sepanjang 1,2 kilometer, dan pada 2023 sekitar 1,5 kilometer hingga perbatasan Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

"Sebagaimana arahan Wali Kota Medan, perbaikan infrastruktur jalan di Kota Medan menjadi fokus guna memberikan kenyamanan bagi masyarakat," ungkap Topan.
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022