KPU Tapanuli Selatan (Tapsel), menggelar uji publik rancangan penataan daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursi anggota DPRD kabupaten itu untuk Pemilu serentak 2024.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Tor Sibohi Nauli Hotel, Sipirok, Kamis (8/12), dan dihadiri tiga komisioner KPU, unsur Forkopimda, pimpinan parpol, perguruan tinggi, tokoh masyarakat, tokoh adat, kepemudaan.

Ketua KPU Tapsel Panataran Simanjuntak, memaparkan ada tujuh prinsip pemetaan dapil dan kursi dewan itu, dan di atur dalam PKPU Nomor 6 tahun 2022.

Komisioner KPU Tapsel divisi teknis dan penyelenggara Syawaluddin Lubis menambahkan, pihaknya sudah menyiapkan tiga opsi rancangan dapil.

"Tapsel berpenduduk 315.713 jiwa tersebar di 15 kecamatan memiliki 5 dapil. Alokasi kursi Pemilu 2024 tetap 35 kursi," katanya.

Komisioner KPU Tapsel divisi hukum Kemri Syaafii, menjelaskan uji publik ini untuk mengumpul saran dan pendapat serta pemikiran para pemangku kepentingan, sebelum KPU daerah mengajukan ke KPU Pusat melalui provinsi.

Bupati yang diwakili Kadis Pariwisata Tapsel Abdul Saftar dalam sambutannya berharap hasil uji publik itu benar-benar atas sumbangsih pemikiran publik.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022