Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia ( BKSDM) Kabupaten Padang Lawas ( Palas) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Palas menggelar acara pendidikan dan pelatihan (Diklat) pencegahan dan pengendalian infeksi ( PPI) bagi tenaga kesehatan dilingkungan Dinkes Palas.


Kegiatan Diklat PPI ini dibuka resmi oleh  Kepala BKSDM Palas Adi Putra Halomoan, S. Si, M.Si, di Aula Hotel Syamsiah, Kecamatan Barumun, Senin (5/12) siang. Dihadiri sekitar 80 orang peserta, meliputi para dokter, perawat dan bidan, mewakili Dinkes Palas, RSUD Sibuhuan dan Puskesmas se - Kabupaten Padang Lawas. 

Kepala BKSDM Palas Adi Putra Halomoan mengatakan pencegahan dan pengendalian infeksi ( PPI) merupakan upaya untuk memastikan perlindungan kepada setiap orang termasuk para tenaga kesehatan, terhadap kemungkinan tertular dari sumber masyarakat umum disaat menerima pelayanan kesehatan pada berbagai fasilitas kesehatan. 

Untuk ia berharap, kepada seluruh peserta acara ini, supaya betul - betul mengikuti kegitan Diklat PPI tersebut dengan baik. Hingga nanti para peserta kegiatan tersebut dapat mengimplementisikan ilmu yang mereka dapatkan pada acara tersebut di unit kerja masing - masing.

 Serta bisa mendistribusikan ilmu yang mereka dapatkan pada kegiatan itu, kepada rekan kerja masing - masing, menuju terciptanya pelayanan kesehatan yang maksimal dan bisa melindungi para tenaga kesehatan, pasien dan masyarakat luas di sekitar lingkungan rumah sakit dan tempat fasilitas kesehatan lainnya di Palas kedepan.

"Semoga acara ini diridhoi Allah SWT. Kiranya melalui kegiatan ini nanti rekan - rekan para petugas kesehatan dapat terhidar dari infeksi hingga bisa memberikan pelayanan prima bagi masyarakat luas yang membutuhkan pelayanan kesehatan di unit kerja masing - masing, menuju masyarakat Palas yang sehat sesuai Visi Misi Pemkab Palas mewujudkan masyarakat yang BERCAHAYA ( Beriman, Cerdas, Sehat, Sejahtera dan Berbudaya, amin,"tambah Adi Putra.

Sebelumnya, Kabid Pengembangan Kompetensi Aparatur BKSDM Palas Fitri Yani Lubis menyebutkan kegiatan Diklat PPI ini direncanakan pihaknya akan berakhir pada hari Jumat (9/12) depan. Pada kegiatan itu pihaknya menghadirkan sejumlah narasumber, termasuk mewakili Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, dr. Fakhriani, Sufiah Solon, SKM dan Satriani Herlina Banurea, S. Kep. 

"Terimakasih atas kehadiran seluruh peserta dan rekan - rekan kami narasumber diacara ini. Semoga kegiatan ini bermanfaat dan membawa berkah bagi kita semua bersama seluruh warga masyarakat Kabupaten Padang Lawas kedepnnya, amin,"tutur Fitri.

Acara pembukaan Diklat PPI ini turut dihadiri Kabid SDM dr. Yunni Sarianna Nasution, mewakili Plt Kepala Dinas Kesehatan Palas Amelia Roitona Nasution, SKM dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Pewarta: Ashari Hasibuan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022