Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ( PMD) Kabupaten Padang Lawas ( Palas) melakukan tes urine bebas narkoba terhadap sekitar 70 orang bakal calon kepala desa dari Kecamatan Barumun, Kecamatan Barumun Selatan, Kecamatan Barumun Baru, Kecamatan Ulu Barumun, Kecamatan Sosopan, dan Kecamatan Lubuk Barumun, di Puskesmas Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Rabu ( 9/11) siang.

Plt Kadis PMD Palas M. Faisal Amrin Siregar, SAP, MM melalui Kabid Pemdes M. Yusuf Hutajulu mengatakan, kegiatan tes urine bebas narkoba yang diawali dengan pemeriksaan tes swab CoVid-19 bagi masing - masing peserta di acara tersebut adalah rangkaian tahapan kegiatan seleksi Bacades untuk penetapan calon kepala desa, menuju pelaksanaan pemilihan kepada kepala desa ( Pilkades) gelombang ke - II, tahun 2022.

Kegiatan tes urine bebas narkoba yang digelar Dinas PMD Palas bekerjasama dengan BNNK Tapsel itu, sambung Yusuf, juga sebagai bentuk dukungan pihaknya terhadap program Pemerintah Kabupaten Padang Lawas tentang bersih narkoba.

Diungkapkan Yusuf, kegiatan tes urine yang sama (bebas narkoba), sebelumnya juga telah digelar pihaknya bagi para Bacades, di dua tempat berbeda.

Untuk Bacades wilayah eks Barumun Tengah, meliputi Kecamatan Barumun Tengah, Kecamatan Aek Nabara Barumun, Kecamatan Sihapas Barumun, Kecamatan Barumun Barat dan Kecamatan Huristak, digelar pada hari Senin (7/11) kemarin, di Puskesmas Pasar Binanga.

Sedangkan kepada Bacades wilayah Kecamatan Ek Sosa, meliputi Kecamatan Sosa, Kecamatan Ulu Sosa, Kecamatan Sosa Julu, Kecamatan Batang Lubu Sutam, Kecamatan Sosa Timur dan Kecamatan Hutaraja Tinggi, digelar di Puskesmas Pasar Ujung Batu, Kecamatan Sosa, Selasa (8/11) semalam.

"Dari hasil pemeriksaan ditiga tempat sejauh ini kami belum ada menerima informasi Bacades yang positif narkoba dari petugas,"terang Yusuf kepada ANTARA disela - sela acara ini.

Disebutkan Yusuf sebelumnya, jumlah Bacades terdaftar pada 102 Desa yang akan melaksanakan Pilkades, gelombang ke - II tahun 2022 ini, sekitar sebanyak 282 orang.
 

Pewarta: Ashari Hasibuan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022