Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak menerima apresiasi penghargaan dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, dalam menangani sindikat pemalsu data pendaftar Kartu Pekerja.

Sejak diluncurkannya di awal pandemi bulan April 2020, Program Kartu Pekerja telah diikuti oleh lebih dari 16,4 juta orang seluruh Indonesia.Dari jumlah tersebut 806.972 orang adalah penerima dari Provinsi Sumatera Utara dan merupakan penerima terbanyak se- Pulau Sumatera.

Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, Selasa, mengatakan kasus sindikat pemalsu data pendaftar tersebut dapat ditangani dengan baik, dengan penetapan empat tersangka yang mendapatkan hukuman pidana dua tahun empat bulan, serta denda Rp500 juta.

"Salam hormat saya untuk Menko Perekonomian, terima kasih atas apresiasi yang diberikan kepada penyidik Polda Sumut serta Polres Pelabuhan Belawan," ucapnya.

Panca mengatakan, pihaknya akan meningkatkan pengawasan serta membantu pemerintah agar Program Kartu Pekerja sampai kepada masyarakat dengan pelayanan sebaik-baiknya.

Pelibatan aparat penegak hukum dalam pelaksanaan Program Kartu Pekerja merupakan upaya untuk menjaga tata kelola program serta memitigasi adanya potensi pelanggaran hukum dalam pelaksanaan program itu sendiri.

"Sebagai provinsi yang sangat besar, baik secara geografis maupun jumlah penduduk, pelaksanaan Kartu Pekerja di Sumatera Utara tak lepas dari pelaku kejahatan untuk mencari keuntungan," kata Kapolda Sumut.

Deputi IV Kemenko Perekonomian selaku Ketua Tim Pelaksana Program Kartu Pekerja, Rudy Salahuddin, menyebutkan penanganan perkara oleh para penyidik Polda Sumut dan Polres Belawan mencerminkan dukungan Kepolisian RI terhadap program strategis Pemerintah yang semakin modern dan responsif.

Selain dapat memberikan efek jera, ini merupakan kontribusi nyata aparat penegak hukum di daerah dalam menjaga serta mendorong peningkatan tata kelola program.

" Komite Cipta Kerja menyampaikan terima kasih serta apresiasi setinggi-tingginya kepada Kapolda Sumut dan Kapolres Belawan beserta seluruh penyidik, atas upaya penanganan perkara yang telah dilakukan dengan baik," kata Rudy.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022