Wali Kota Medan Bobby Nasution mengajak sejawatnya para wali kota peserta pertemuan kelima Dewan Wali Kota untuk Kota Hijau Segitiga Pertumbuhan Indonesia-Malaysia-Thailand (5th IMT-GT GCMC) bersepeda santai di Kota Medan, Sumatera Utara, Senin.

Kegiatan itu dilakukan dari halaman depan Kantor Wali Kota Medan di Jalan kapten Maulana Lubis sebagai titik start hingga berakhir di Taman Gajah Mada.

Wali Kota Ipoh (Malaysia) Dato Rumaizi bin Baharin, Wali Kota Hatyai (Thailand) Sakom Thongmunee, Wali Kota Songkhla (Thailand) Saran Binphat, dan Wali Kota Yala (Thailand) Pongsak Yinvhoncharoen ambil bagian dalam kegiatan sepeda santai tersebut.

Selain itu hadir putra sejumlah wali kota dari Sumatera seperti Penjabat (Pj) Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq, Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun, dan Pj Wali Kota Sabang Reza Pahlevi.

Sepeda santai itu digelar dalam rangkaian menjelang pembukaan 5th IMT-GT GCMC.

"Saya berharap melalui pertemuan ke-5 IMT GT Green Cities Mayor Council ini, semoga dapat meningkatkan kolaborasi dan bekerjasama dalam membangun kota berkelanjutan," ucap Bobby di Medan, Senin.

Termasuk juga, lanjut dia, sebagai upaya bersama dalam mewujudkan Kota Medan yang hijau dan ramah lingkungan.

Direktur Pusat IMT-GT Firdaus Dahlan pada Juli lalu menyebut pertemuan 5th IMT-GT GCMC tahun ini menekankan pilar utama, di antaranya pariwisata, pertanian dan produk lainnya.

"Kerja sama ini dilakukan untuk pembangunan kota berkelanjutan. Kita sudah menetapkan Sustainable Urban Development Framework 2019-2036. Ini sudah didukung pertemuan kepala negara ke-12 pada 2019," jelasnya.

Sementara GCMC sendiri, terang dia, merupakan forum kerja sama para wali kota di IMT-GT yang akan melakukan pertemuan pada 1-2 Agustus mendatang di Thailand.

"Kami berharap jika ada waktu, pak Wali Kota Medan bisa hadir. Banyak manfaat bisa diperoleh, apalagi Kota Medan menjadi tuan rumah GCMC berikutnya," tutur Firdaus.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022