Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman menyebut peran santri harus terus ditingkatkan saat menjadi inspektur upacara Hari Santri Nasional 2022 Kota Medan di Pondok Pesantren Ar Raudlatul Hasanah, Medan, Sabtu (22/10).

"Kita semua mengharapkan kehadiran santri dengan keteladanan, keilmuan dan akhlaknya dapat menjadi contoh bagi masyarakat, khususnya di Kota Medan," kata Aulia.

Mantan anggota DPRD Kota Medan ini berpesan seluruh santri terus mengasah diri, dan senantiasa memberi manfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.

"Saya berharap para santri juga harus menjadi agen perubahan dan pembangunan. Menjadi insan yang selalu menjunjung tinggi nilai keagamaan dan martabat kemanusiaan," katanya.

Wawali mengingatkan agar peringatan hari santri ini tidak hanya menjadi peringatan seremonial, tetapi harus menjadi refleksi kontribusi santri dalam setiap fase perjalanan bangsa Indonesia.

Sebagai insan yang selalu menjunjung tinggi nilai-nilai agama, Aulia mengingatkan agar para santri juga harus selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.

Dikatakannya, santri harus senantiasa berprinsip bahwa menjaga martabat kemanusiaan adalah esensi ajaran agama. Apalagi di tengah kehidupan Indonesia yang sangat majemuk.

Aulia juga mengajak semua peserta upacara untuk mendoakan pahlawan, terutama kalangan ulama yang telah syahid di medan perang.

"Semoga arwah para pahlawan bangsa di tempatkan yang terbaik di sisi Allah SWT," katanya mendoakan.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022