Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Adam Malik di Kota Medan, Sumatera Utara, mengampanyekan cuci tangan pakai sabun kepada para pedagang kaki lima di sekitar lingkungan rumah sakit.
 
Kampanye cuci tangan pakai sabun ini digelar di halaman Gedung Administrasi RSUP Adam Malik, Jumat, dalam rangka Global Handwashing Day atau Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia yang diperingati pada 15 Oktober.
 
"Cuci tangan pakai sabun ini bisa dilakukan dengan mudah. Tapi manfaatnya sangat penting untuk menjaga kesehatan agar tidak tertular penyakit,” kata Sekretaris Komite PPI RSUP Adam Malik Asmarani Sinaga SKep Ners.
 
Ia memaparkan enam langkah melakukan cuci tangan yang tepat dan benar sesuai dengan standar World Health Organization (WHO) atau Badan Kesehatan Dunia. Pertama, menggosok kedua telapak tangan dengan gerakan memutar.
 
Kedua, menggosok punggung tangan dengan telapak tangan dengan gerakan ke atas dan ke bawah secara bergantian kiri dan kanan.
 
Ketiga, menggosok sela-sela jari dengan telapak tangan. Keempat, membersihkan buku-buku jari dengan teknik mengunci.
 
Kelima, menggosok ibu jari secara bergantian kiri dan kanan. Keenam, menggosok ujung jari-jari pada telapak tangan secara bergantian kiri dan kanan.
 
Ia menambahkan mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir ini dilakukan dalam waktu 40-60 detik
 
"Cuci tangan pakai sabun ini sendiri wajib dilakukan pada lima waktu penting, yakni sebelum makan, sebelum menyiapkan makanan, setelah buang air, setelah membuang sampah, dan setelah kontak dengan hewan," katanya.
 
Sementara itu, Direktur Utama RSUP Adam Malik dr Zainal Safri SpPD-KKV SpJP (K), berharap kegiatan cuci tangan pakai sabun ini bisa menjadi kebiasaan dalam kehidupan masyarakat untuk mencegah tertular oleh berbagai penyakit.
 
“Semua kita harus bisa melakukan cuci tangan dengan benar. Kemudian, menularkannya sebagai kebiasaan di rumah dengan keluarga. Ini sesuai dengan tema Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia pada tahun ini, yaitu bersatu untuk kebersihan tangan yang universal,” katanya.
 
Kegiatan ini diakhiri dengan pencanangan kampanye cuci tangan pakai sabun melalui cap lima jari dari para peserta dan cuci tangan bersama pakai sabun di air mengalir.
 
 

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022