Bupati Tapanuli Selatan Dolly P. Pasaribu minum kopi bareng bersama seribuan masyarakat adat Hatabosi di Dusun Bonan Dolok, Desa Tanjung Dolok, Kecamatan Marancar kabupaten itu, Jumat (14/10).

"Di samping 'Jumat ngopi' produk usaha kopi arabika Maju Jaya Sipirok dan kopi arabika Tyanna Marancar, kegiatan kali ini bagian dari rangkaian Horja Aek Adat Hatabosi pada 14-15 Oktober 2022," kata Dolly.

Hatabosi sendiri, menurut dia, sudah dikenal sejak lebih kurang 120 tahun lalu, singkatan dari kelompok masyarakat adat Desa Haunatas, Desa Tanjung Dolok, Desa Tanjung Rompa, dan Desa Siranap.

"Dalam kesempatan ini kita mengajak masyarakat adat Hatabosi minum kopi bersama agar sama-sama lebih mencintai salah satu produk unggulan lokal yakni Kopi Arabika Sipirok yang sudah mengantongi hak paten (Indikasi Geografis)," tegasnya.

Sebab, kata Dolly, dengan menyintai produk lokal akan dapat meningkatkan kesejahteraan perekonomian masyarakat (petani kopi atau pelaku usaha kopi daerah) di samping menjadi tuan di tanah sendiri.

Pemkab Tapsel, kata dia, akan terus mendorong termasuk promosi seluruh pelaku usaha UMKM di daerah itu termasuk soal kopi dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat petani di kabupaten itu. 

Kepada masyarakat adat Hatabosi yang Tahun 2020 lalu mendapat penghargaan Kalpataru, Dolly berpesan agar terus mempertahankan kultur, adat serta budaya sehingga lingkungan sekitar tetap terjaga hingga hari ini.
 
Masyarakat adat Hatabosi minum Kopi Bareng bersama Bupati Tapanuli Selatan Dolly P. Pasaribu (ANTARA/Kodir)

"Melalui kearifan lokal yang sudah turun temurun sejak seratusan tahun silam ini masyarakat adat Hatabosi berhasil menjaga hutan di sekelilingnya guna menjaga air yang menjadi sumber kehidupan masyarakat, baik untuk lahan pertanian maupun rumah tangga," katanya.

Untuk menjaga lingkungan(hutan) agar sumber air tetap terjaga, tidak ada salahnya masyarakat luas khususnya masyarakat Tapsel mengikuti jejak masyarakat Hatabosi tersebut, tambahnya.

Berdasarkan pantauan kegiatan minum kopi bareng bersama Bupati tersebut cukup meriah dan sengaja mengambil lokasi di tengah hamparan sawah yang airnya mengalir deras dan jernih serta terjaga dari polusi dan kebisingan.
 

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022