Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H Bachtiar Djafar di Kecamatan Medan Labuhan, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara, diagendakan mulai dioperasikan Desember 2022.
 
"Rencananya diresmikan oleh Wali Kota Bobby Nasution paling lama Desember tahun 2022," kata Direktur RSUD H Bachtiar Djafar, dr Irliyan Saputra SpOG, Kamis.
 
Rumah sakit tipe C milik Pemerintah Kota Medan tersebut dilengkapi dengan fasilitas kesehatan seperti pelayanan IGD, laboratorium, radiologi, apoteker, rawat jalan (poliklinik), rawat inap, ICU, NICU dan PICU, kamar bedah serta ruang bersalin.
 
Rumah sakit ini memiliki 44 kamar dan 108 tempat tidur yang terdiri dari kamar VIP, kelas I, kelas II, kelas III serta kamar isolasi.
 
Keberadaan rumah sakit tersebut diharapkan dapat membantu masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan, terutama yang bermukim di kawasan Medan Bagian Utara.
 
"Masyarakat di sana tidak perlu jauh lagi ke inti kota atau ke RSUD dr Pringadi Medan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. RSUD Bachtiar Djafar juga memiliki fasilitas dan peralatan medis yang cukup lengkap," ujarnya.
 
Ia menyebutkan bahwa keberadaan rumah sakit ini sudah sangat dinantikan masyarakat di kawasan Medan Utara. Hal itu terbukti dengan banyaknya masyarakat yang datang untuk berobat dan mendapatkan pelayanan kesehatan meskipun rumah sakit itu belum dioperasikan secara resmi.
 
"Setelah dioperasikan rumah sakit ini, berarti terdapat dua rumah sakit milik Pemkot Medan, yakni RSUD Dr Pringadi Medan dan RSUD Bachtiar Djafar. Hadirnya kedua rumah sakit ini merupakan salah satu upaya dalam memperluas layanan kesehatan di Kota Medan," katanya.

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022