Vaksinasi COVID-19 dosis pertama untuk anak kelompok usia 6 hingga 11 tahun di Provinsi Sumatera Utara hingga Rabu sudah mencapai 86,83 persen dari total sasaran vaksinasi.
 
"Sasaran vaksinasi anak berjumlah 1.616.233 orang," kata Kepala Dinas Kesehatan Sumut Ismail Lubis melalui keterangan tertulis yang diterima di Medan, Rabu malam.
 
Sementara itu yang mendapatkan vaksinasi dosis kedua sudah 73,08 persen dari target sasaran vaksinasi anak di Sumut.
 
Ismail menyebutkan dari 33 kabupaten/kota yang melaksanakan vaksinasi anak tersebut, baru Kabupaten Samosir, Tapanuli Utara, Toba, Sibolga dan Langkat yang cakupan vaksinasinya sudah 100 persen.
 
"Sementara cakupan terendah adalah Kota Medan dengan persentase 66,30 persen," katanya.
 
Dinas Kesehatan Sumut terus menggencarkan penyuntikan vaksin penguat, terutama masyarakat yang masuk kategori rentan terhadap penularan COVID-19.
 
Ia juga mengingatkan masyarakat yang sudah menjalani vaksinasi agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penularan COVID-19.
 
Protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi.
 
Karena menurutnya, peningkatan cakupan vaksinasi yang didukung dengan penguatan protokol kesehatan sangat penting dalam masa transisi dari pandemi menuju endemi.

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022