Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM) Kota Medan mengajak kaum milenial berani menjadi wirausaha muda dan menjalankan suatu model bisnis.

"Pola pikir harus diubah supaya nanti makin banyak anak muda yang berani berwirausaha meski tahap awal masih UMKM," ucap Kepala Dinas Koperasi UKM Kota Medan, Benny Iskandar Nasution di Medan, Rabu.

Sebagian besar pemuda di ibu kota Provinsi Sumatera Utara ini, lanjut dia, masih miliki pola pikir menjadi ASN, karyawan BUMN maupun swasta lebih menjamin masa depan mereka. 

Padahal Wali Kota Medan Bobby Nasution menekankan kepada para pemuda untuk mengubah pola pikir itu, sehingga lebih banyak lagi anak muda yang berani mengambil langkah berwirausaha.

Hasil Sensus Penduduk 2020 mencatat generasi milenial atau generasi yang lahir 1981-1996 sebanyak 25,83 persen dari jumlah penduduk sekitar 14,80 juta jiwa.

"UMKM berperan sebagai tulang punggung perekonomian di tanah air. Bahkan menjadi salah satu sektor industri yang mampu berdiri tegak saat terjadi krisis moneter global dan masa pandemi COVID-19," tegasnya.

Ia juga mengatakan, guna mewujudkan visi misi Kota Medan dalam bidang kewirausahaan, Pemkot Medan telah membuat program Saka Sanwira (Satu Kelurahan Satu Sentra Kewirausahaan).

Program ini didasari fakta kelurahan memiliki sumber daya yang dapat diandalkan sebagai modal sosial, finansial, dan pengetahuan dalam menggerakkan perekonomian rakyat di wilayahnya masing-masing.

"Untuk itu, komitmen seluruh pihak.diperlukan agar selaras upaya Pemkot Medan dalam pengembangan UMKM komprehensif melalui program edukasi yang berkesinambungan dari hulu hingga hilir," ucap Benny.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022