Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa secara resmi membuka pameran industri kemaritiman Naval Expo 2022 di Balai Samudera, Jakarta Utara, Jakarta, Minggu.

"Dengan mengucapkan bismillahirahmanirrahim, hari ini, Minggu 11 September 2022, pameran industri kemaritiman Naval Expo Tahun 2022 secara resmi, saya nyatakan dibuka," kata Jenderal Andika saat membuka secara simbolis Naval Expo 2022 di Balai Samudera, Jakarta, Minggu malam.

Naval Expo 2022 dibuka secara simbolis oleh Jenderal Andika, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, dan Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Wakasal) Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono dengan menekan tombol dan dimeriahkan dengan atraksi kembang api.

Dalam kesempatan itu, tampak pula hadir Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat sebagai ketua panitia penyelenggara.

Naval Expo 2022 merupakan pameran industri kemaritiman yang digelar TNI Angkatan Laut (AL) sebagai salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT Ke-77 TNI AL yang jatuh pada tanggal 10 September 2022. Jenderal Andika pun menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada TNI AL.

Kegiatan ini digelar TNI AL sebagai salah satu wujud penghargaan kepada masyarakat dan industri maritim nasional karena kemajuan yang dicapai TNI AL dari berdirinya pada tanggal 10 September 1945, yang saat itu bernama Badan Keamanan Rakyat (BKR) Laut, hingga saat ini tidak lepas dari peran dan kontribusi industri maritim nasional.

Naval Expo 2022 akan digelar selama 8 hari, mulai 11 sampai dengan 18 September 2022 pada pukul 09.00—20.00 WIB di Gedung Balai Samudera dan dapat dihadiri oleh pengunjung secara gratis.

Pameran ini akan diikuti oleh Komando Utama (Kotama) TNI AL dengan memamerkan teknologi alat utama sistem senjata (alutsista) dari industri maritim nasional yang terdiri atas 48 stan di dalam ruangan (indoor) dan 7 stan di luar ruangan (outdoor), BUMN, serta pihak swasta.

Selama pameran berlangsung, akan diselenggarakan gelar wicara atau talk show dari industri kemaritiman, Klinik Medifit dari dokter spesialis olahraga, pertunjukan kesenian dari Kotama TNI AL Jakarta, organisasi istri prajurit TNI AL Jalasenastri, dan tari tradisional dari Suku Dinas Kebudayaan DKI Jakarta.

Selain menjadi ajang untuk pameran alutsista agar diketahui oleh masyarakat, Naval Expo 2022 juga digelar sebagai tempat untuk pameran produk-produk kelautan dan kemaritiman sehingga dapat menjadi lebih dikenal oleh masyarakat luas serta penggunanya.

Naval Expo 2022 menjadi wahana bagi UMKM untuk mempromosikan produk-produknya, termasuk karya-karya ibu-ibu Jalasenastri jajaran TNI AL seluruh penjuru Nusantara.

Ini merupakan bagian dari peran aktif dan langkah nyata TNI AL dalam menyukseskan program pemerintah untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022