Wali Kota Medan Bobby Nasution lewat sambungan virtual mengikuti rapat koordinasi (rakor) pengendalian inflasi daerah yang digelar di Jakarta, Selasa (30/8). 

Mendagri Tito Karnavian memimpin langsung rakor pengendalian inflasi daerah yang mengusung tema "Kebersamaan Menangani Inflasi Daerah Dengan Baik dan Lancar".

"Kami berharap seluruh pihak menyatukan visi misi dan persepsi untuk dalam menangani inflasi hingga ke tingkat daerah, sehingga bisa meringankan beban ekonomi masyarakat," katanya.

Selain gubernur, bupati, wali kota dan tim pengendali inflasi daerah, rakor ini juga dihadiri Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan, Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar dan sejumlah pimpinan lembaga terkait.

Mendagri juga menyampaikan bahwa semua pihak harus bersama-sama melakukan langkah antisipatif untuk menekan dan menangani inflasi di daerah. 

Hal itu menjadi instruksi Presiden Joko Widodo untuk ditindaklanjuti. "Pesan kami bagi rekan-rekan di daerah jadikan inflasi ini sebagai prioritas, sehingga penanganan dilakukan secara matang seperti saat menangani pandemi Covid-19," ungkap Tito.

Mantan kapolri ini juga menerangkan beberapa poin menjadi pedoman pimpinan daerah menangani inflasi di wilayah masing-masing, di antaranya mengoptimalkan tim pengendalian inflasi daerah.

Mengaktifkan satgas pangan, memastikan BBM subsidi tepat sasaran, menggalakkan penghematan energi di daerah, memasifkan gerakan tanaman pangan, dan mengintensifkan pengaman sosial.

"Selain itu juga kepala daerah dan pimpinan di daerah hati-hati dalam komunikasi publik," pesan Mendagri Tito.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022